Play and Learn : Nama Hewan yang diabadikan dalam Al Quran

Ada banyak perumpamaan dalam Al Quran menggunakan hewan dan ada beberapa hewan yang namanya dijadikan nama surat dalam Al Quran seperti

1. QS 2 Al Baqarah (Sapi Betina)
Surah ini dinamai al-Baqarah yang artinya Sapi Betina sebab di dalam surah ini terdapat kisah penyembelihan sapi betina yang diperintahkan Allah kepada Bani Israil (ayat 67-74).

finger-puppet-cow

Boneka Jari Sapi

2. QS 6 AL AN’AM (Binatang Ternak : unta, sapi, kambing)
Sebab penamaan surah ini sebagai An’am karena beberapa ayat surah ini bercerita tentang binatang berkaki empat yaitu pada ayat 136 sampai 146. ‘Binatang ternak’ disebut dalam surah ini kerana musyrikin Mekah ada kepercayaan syirik yang melibatkan binatang ternak. Ada binatang ternak yang mereka khususkan kepada penyembahan berhala mereka.

finger-puppet-camel

Boneka Jari Unta

3. QS 16 AN NAHL (Lebah)
Surah ini dinamakan An-Nahl yang berarti lebah karena di dalamnya, terdapat firman Allah SWT ayat 68 yang artinya : “Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah”. Lebah adalah makhluk Allah yang banyak memberi manfaat dan kenikmatan kepada manusia.

finger-puppet-bee

boneka jari lebah

4. QS 27 AN NAML (SEMUT)
Dinamai dengan An-Naml yang berarti semut, karena pada ayat 18 dan 19 terdapat perkataan An-Naml (semut), di mana seekor semut berkata kepada semut lainnya untuk masuk sarangnya masing-masing, supaya jangan terlindas oleh Nabi Sulaiman dan tentaranya yang akan melewati tempat itu.

finger-puppet-ant

Boneka jari semut

5. QS 29 Al Ankabut ( Laba-Laba)
Dinamai Al-‘Ankabut berhubung terdapatnya kata Al- ‘Ankabut yang berarti Laba-Laba pada ayat 41 surah ini, di mana Allah mengumpamakan para penyembah berhala-berhala itu dengan laba-laba yang percaya kepada kekuatan rumahnya sebagai tempat ia berlindung dan tempat ia menjerat mangsanya, padahal kalau dihembus angin atau ditimpa oleh suatu barang yang kecil saja, rumah itu akan hancur. Begitu pula halnya dengan kaum musyrikin yang percaya kepada kekuatan sembahan-sembahan mereka sebagai tempat berlindung dan tempat meminta sesuatu yang mereka ingini, padahal sembahan-sembahan mereka itu tidak mampu sedikit juga menolong mereka dari azab Allah waktu di dunia

finger-puppet-spider

Boneka jari laba-laba

6. QS 105 AL FIL (Gajah)
Dalam surat Al Fil, Allah bercerita pasukan Abrahah yang berkendaraan gajah yang menginginkan menghancurkan Ka’bah. Tetapi sebelumnya kemauan itu terwujud, Allah sudah menghancurkan mereka. Allah kirimkan pada mereka sekawanan burung ababil yang lalu menghujani mereka dengan batu neraka. Jadi matilah mereka semuanya.

finger-puppet-elephant

Boneka jari Gajah

Sejak dini anak-anak diajarkan untuk menghapal nama surat Al Quran dan mengetahui makna yang terkandung dalam surat Al Quran. Selain itu bisa juga bercerita tentang keistimewaan masing-masing hewan.

Dengan media boneka jari (finger puppet), bercerita akan lebih menyenangkan dan interaktif.

sumber :
-Al Quran ,
-Wikipedia
Ludinahandmade

6 responses to “Play and Learn : Nama Hewan yang diabadikan dalam Al Quran

  1. Ping-balik: Finger Puppet “Elephant” | Ludina Handmade

  2. Ping-balik: Finger Puppet “Bee” | Ludina Handmade

  3. Ping-balik: Finger Puppet ” Camel” | Ludina Handmade

  4. Ping-balik: Finger Puppet ” Spider” | Ludina Handmade

  5. Ping-balik: Finger Puppet “Ant” | Ludina Handmade

  6. Ping-balik: Finger Puppet “COW” | Ludina Handmade

Tinggalkan komentar