Nungging Balita

Nungging_balita

Nungging, istilah yang saya tahu ya itu namanya. Posisi kepala dibawah, tangan menyangga badan dan pantat ke atas. Anak bungsu yang usianya 19 bulan terlihat suka berada di posisi nungging. Dari apa yang saya dengar dan baca, nunggingnya balita itu ada artinya, lho:

1. Merasakan cara pandang dan sensasi baru yaitu melihat dunia secara terbalik. Anaknya mah senang saja dengan posisi seperti ini, emak yang lihat suka parno duluan khawatir terguling, lehernya keplintir 😅 Baca lebih lanjut

Tempat Pensil Botol Bekas

Tempat_pensil_botol_bekas

Mempunyai anak usia sd, siap saja harus bebikinan kerajinan. Tugas kali ini membuat tempat pensil dari botol bekas. Bu guru membebaskan desainnya. Setelah melihat contoh beberapa tempat pensil dari laman pencarian, Salwa memilih membuat tempat pensil bertema kelinci. Salwa bagian yang menggambar mata, menggambar dekorasi wortel (seperti nanas 😅) , mengelem, dan menempel. Emak bagian tata letak, menggunting, dan mengelem. Bahan- bahan menggunakan bahan yang ada di rumah.

Baca lebih lanjut

Resep Es Lilin Susu Coki

Resep es lilin coki

“Mi, hari jumat mau ikut business day. Aku mau bikin es saja,” ucap Salwa.

“Es apa? Nih, pilih! Ada es pelangi, es lilin, es hankue!” Saya menunjukan pilihan resep es di cookpad 😁

“Ini nih, Mi!” Salwa menjatuhkan pilihan pada es lilin susu coki.

Pulang sekolah langsung berburu bahan ke warung terdekat. Alhamdulillah lengkap.

Niat mau mengerjakan sore, tapi jadi subuh. Walhasil, esnya belum membeku benar 😅.

Dari satu adonan, kira-kira jadi 40 porsi, tergantung seberapa banyak yang dimasukkan ke plastik es.

Yang dibawa ke sekolah hanya 15 es saja. Dijual dengan harga Rp. 1.500. Laku atau tidak nggak terlalu penting, tapi pengalaman serunya berjualan akan diingat oleh anak.

Baca lebih lanjut

Persiapan Kemping

Kemping
“Huft … bisa juga ngangkat ini tas,” ucap Amira dengan badan agak membungkuk karena berat 😅. Tubuh kecilnya tertutup tas super besar 😁

Tas gunung 60 Liter ini diisi barang-barang yang akan menemaninya kemping 3 hari 2 malam. Persiapan kemping jauh-jauh hari sudah dilakukan di sekolah mulai berlatih mendirikan tenda, masak-memasak, dan persiapan lainnya. Kegiatan “Islamic Super Camp 2019” ini untuk melatih kemandirian dan life skill siswanya.

Kegiatan kemping bukan yang pertama dilakukan Amira, tapi tetap aja suka riweuh buat persiapannya.

Biasanya untuk kemping, yang biasanya dilakukan: Baca lebih lanjut

Nge-Prank

prank

“Umi … Mi … tadi ada yang nge-wa Mbak, ngakunya kakak osis kelas atas dengan nama A. Padahal Mbak nggak kenal dan nggak pernah ngasih kontak wa. Eh, Mi! Ternyata, nggak hanya Mbak yang di wa, temen sekelas mbak ada juga yang dihubungi, tapi ngakunya kakak kelas dengan nama B tapi pas dicek nomornya sama,” ucap Amira dengan muka tegang.

“Ya sudah kalau nggak kenal dan nggak jelas kepentingannya, abaikan saja!,” ucap saya pada Amira. Baca lebih lanjut

Susah Air

 


Pengeboran_air

Alhamdulillah beberapa minggu ini hujan
mulai turun. Tapi pasokan air bagi pelanggan pdam di tempat saya masih belum rutin keluar tiap hari. Aliran air di jadwal keluar 4-5 hari, bahkan sebelumnya pernah sampai 10 hari lebih belum ada aliran air 😭

Di beberapa tempat untuk mendapatkan air bersih terpaksa harus membeli. Air bersih menjadi sesuatu yang mahal dan susah didapat. Beruntung buat saya, masih ada tetangga yang bisa diminta airnya, karena sudah menggunakan sumur bor. Airnya masih berlimpah.

Dengan banyaknya anggota keluarga di rumah, dua toren air kapasitas 500 Liter dan 200 Liter untuk penampungan air bisa habis dalam dua sampai tiga hari. Kalau sudah begitu, saya harus tebal muka meminta air pada tetangga.

Khawatir susah air berlangsung lebih lama lagi, akhirnya diputuskan membuat sumur bor di rumah. Bismillah mudah-mudahan ada rizki penggantinya.

Dari pengalaman membuat sumur bor, ada beberapa hal yang jadi catatan: Baca lebih lanjut

Soto Betawi Paru

Soto-betawi-paru

Jarang banget makan paru, sekalinya makan paru biasanya beli di warung padang, yang teksturnya kering dan kriuk. Nah, pas belanja kesiangan, stok ayam dan ikan sudah pada dipinang ibu-ibu lain, tersisa hanya paru. Ibu warung ngasih ide masakan untuk membuat Soto Betawi Paru. Di kasih ide masakan, saya masih mikir juga bagaimana mengolahnya karena belum pernah bikinnya, eh dapat ilmu dari tetangga, cara mengolahnya, langsung deh di eksekusi dengan sedikit modifikasi. Hasilnya enak sih di lidah saya, walaupun tampilan dan bahan seadanya 😁

Baca lebih lanjut