Jagalah Jantungmu sehat sebelum datang sakit

Siapa yang tak sedih ketika kehilangan anggota keluarganya? Meninggal dalam usia muda, dan meninggalkan satu orang putra yang baru berusia 1 tahun, membuat air mata ini terus mengalir. Serangan jantung dan stroke telah merenggut nyawa kakak iparku ini empat tahun yang lalu. Allohumagfirlahu warhamhu wa’afihi wafu’anhu.

giveaway-terapi-ozon

sumber gambar : viva.log.co.id

Banyak orang bertanya-tanya, “Kok masih muda, penyakitnya jantung dan stroke?” Kisahnya berawal ketika kakak ipar masih kecil. Orangtuanya memiliki toko yang menjual sembako dan minyak tanah. Ketika ada pelanggan yang hendak membeli minyak tanah, tanpa sepengetahuan orangtuanya, kakak ipar membantu memindahkan minyak tanah dari drum ke jerigen kecil dengan cara menyedotnya memakai selang. Otomatis minyak tanah pun sedikitnya terminum olehnya. Sejak saat itu kakak ipar menjadi gampang sakit (ririwit kalo orang sunda bilang).

Setelah berobat baru ketahuan, hal tersebut membuat jantungnya besar sebelah. Tahun berganti tahun, kakak ipar pun berjodoh dengan kakak saya, dan melahirkan satu orang putra. Dengan penyakit jantung yang dideritanya, beresiko tinggi ketika akan melahirkan, akhirnya dipilih jalan sesar. Alhamdulillah anaknya lahir dalam keadaan sehat. Setahun kemudian, serangan jantung menimpanya, membuat sebagian anggota tubuhnya stroke sehingga membuatnya sulit untuk berbicara jelas. Kondisinya berangsur sehat, tetapi ketika kakak ipar mengantarkan anaknya ke sebuah acara ulang tahun di rumah tetangga, kakak ipar pingsan. Begitu dilarikan ke rumah sakit nyawanya sudah tidak terselamatkan lagi. inna lillahi wa inna ilaihi rajiun.

Dari pengalaman tersebut, ada beberapa hal yang bisa saya ambil hikmahnya:
1. Penyakit jantung atau kematian tidak mengenal muda dan tua

2. Simpan produk/bahan yang memiliki potensi bahaya pada tempat tertutup dan terkunci serta jauh dari jangkauan anak-anak.

3. Jagalah SEHAT mu sebelum datang SAKITmu.
Untuk menjaga kondisi jantung kita sehat, ada 4 cara menjaga kesehatan jantung :

  1. Mengatur Pola Makan Sehat
    Asupan makanan juga memiliki peran penting mempengaruhi kesehatan bukan hanya jantung. Diantara makanan yang sehat bagi jantung adalah makanan yang rendah lemak dan rendah kolesterol. Ubah dengan banyak mengkonsumsi sayuran, buah serta mengatur pola makan dengan diet sehat alami.
  2. Kebiasaan Hidup Sehat
    Selain mengatur makanan juga harus diimbangi dengan kebiasaan hidup sehat yang kita jalani sehari-hari, diantaranya: olahraga teratur, tidak merokok, tidak mengkonsusmsi alkhohol serta rutin menjalani olahraga setidaknya dengan melakukan gerak setiap hari misalnya dengan berjalan kaki ke kantor.
  3. Terapi jantung atau terapi stroke
    Untuk tindakan preventif atau pendamping pengobatan yang sedang dijalani pasien , bisa dilakukan dengan terapi jantung atau terapi stroke untuk memperlancar peredaran darah, membunuh kuman, bakteri, jamur, menjaga asupan oksigen dalam darah dan jantung.
  4. Konsultasikan dengan ahlinya
    Konsultasikan masalah kesehatan jantung ke klinik jantung atau klinik stroke untuk menentukan treatment yang cocok dengan kondisi tubuh Anda.

Manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, hasil akhir diserahkan pada sang pencipta tubuh ini, Allah SWT.

“Tulisan ini diikutikan dalam Giveaway Terapi Ozon yang disponsori oleh ‘Stanmed Center’ Klinik Kesehatan dan Kecantikan”

Giveaway-terapi-ozon

8 responses to “Jagalah Jantungmu sehat sebelum datang sakit

  1. Untuk menjaga kolesterol rajin2 makan minyak ikan setiap hari🙂

  2. jaga kesehatan kelihatannya sepele, tapi ternyata kita kadang suka lengah ya mba

  3. Kebiasaan hidup sehat dengan olahraga teratur itu sungguh saya masih berusaha melakukannya. Membaca ini semakin terinspirasi. Makasih banyak ya, Mbak. Semoga sukses GA-nya.

  4. MEngatur pola makan sebetulnya mudah ya bun tapi kadang kita suka sembarangan maka. eh tepatnya aku sih🙂 terima kasih sudah diingatkan ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s