Mengajarkan si kecil mengenal anggota tubuh

Seorang anak lahir  ibarat kertas kosong, belum tahu apa-apa. Orangtua, sebagai orang terdekatnyalah yang bisa mengisinya. Banyak hal atau pelajaran yang harus diajarkan kepada anak. Salah satunya yaitu pengenalan anggota tubuh. Pengetahuan terkait anggota tubuh diperlukan juga ketika Ayu (6 tahun) mengikuti observasi untuk masuk SD Cipta Cendekia Indonesia.  Ada banyak cara untuk mengajarkan si kecil mengenal anggota tubuhnya, seperti berikut :

1. Menyanyi “Dua Mata Saya” , “Kepala pundak lutut kaki lutut kaki ” atau “Head and Shoulder”. Sambil menyanyi lagu ini, tunjuk bagian-bagian tubuh Anda sekaligus mengajarkan koordinasi.

2. Tebak-tebakan
Anda berperan jadi model dan memberi instruksi. Ananda akan mengikuti instruksi anda untuk menandai bagian tubuh mana yang diminta. Penanda bisa menggunakan stiker atau apapun.

mengenalkan-anggota-tubuh-pada-anak

3. Menggambar
Ananda diminta menggambar tubuh manusia, dan menuliskan bagian tubuh yang dia ketahui. Apabila ada yang masih terlewat, saat itulah anda memberitahukan bagian tubuh yang ananda belum tahu.

mengenalkan-anggota-tubuh-pada-anak

4. Puzzle
Puzzle bisa memperkuat daya ingat anak dan melatih koordnasi mata dan tangan
puzzle-anggota-tubuh

5. Story telling
Anda bisa membeli buku tentang anggota tubuh dan menceritakan kembali isi buku atau membuat cerita sendiri.

6. Bermain peran
Anda bisa mengajak anak anda bermain dokter-dokteran sambil mengenalkan anggota tubuh. Bagian tubuh mana yang sakit, bagian tubuh mana yang harus diobati.

7.Kerajinan tangan
Anda bisa membuat boneka kertas. Lalu digunting bagian tubuh per bagian. Ananda kemudian bisa menggabungkannya.

Cara diatas tentunya disesuaikan dengan usia anak. Kreatifitas para ayah bunda dalam mengenalkan anggota tubuh sangat diperlukan. Bermain sambil belajar lebih disukai oleh anak-anak.

Semoga bermanfaat.

12 responses to “Mengajarkan si kecil mengenal anggota tubuh

  1. kreatif sacar mengajarkanya bun

  2. Tujuh cara yang asyik dan menyenangkan semua itu bila dilakukan. Sungguh terima kasih banyak ya, Mbak, atas tulisannya ini. Saya bisa belajar untuk menerapkannya🙂

  3. sneng deh baca artikel2 mak dina tntang parenting ini jadi untuk persiapn si kecil yg baru brusia 9 bln. mkasih ^_^

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, Dina…

    Yang paling bunda suka dan rasa lebih dekat lagi pengetahuannya kepada anak-anak adalah dengan cara melekat stiker pada anggota badan yang sebenar. ini bisa menceriakan anak-anak dan memudahkan daya ingatannya.

    Semoga anak-anak Dina semakin mantap pengetahuannya dan membanggakan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan kognitif, afektif dan psikomotornya.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.🙂

  5. Sebagai orang tua memang harus kreatif ya Teh Dina…mengajarkan semua pengetahuan kepada anak dengan cara yang menyenangkan, agar anak tidak merasa tidak terbebani dengan yang namanya belajar. .🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s