Bermain dengan 4 unsur alam (api,air,angin,tanah)

Banyaknya manfaat positif mengenalkan alam pada anak, saya flashback ke belakang, apa saja yang sudah saya lakukan untuk memperkenalkan anak pada alam. Anak-anak sudah bermain apa saja terkait dengan alam. Seperti yang kita tahu, alam memiliki 4 unsur yaitu api, air,angin, tanah. 4 unsur tersebut bisa menjadi media anak untuk belajar sambil bermain. Berikut aktivitas anak-anak yang tertangkap kamera😀

1. Bermain dengan air
Bermain hujan-hujanan, untuk beberapa orangtua anak-anak dilarang hujan-hujanan, tapi namanya anak-anak kadang penasaran. Anak-anak dibiarkan bermain hujan asal memakai payung dan jas hujan, tapi tetap saja mereka penasaran merasakan air hujan langsung membasahi badan. Ketika hujan-hujanan, anak-anak diingatkan untuk membaca doa hujan. Supaya anak-anak tidak masuk angin, setelah bermain, mandikan anak dengan air hangat dan suguhi mereka dengan makanan hangat.

bermain-air- api-angin-tanah-memperkenalkan-alam

2. Bermain dengan api
Api memang bukan mainan, tetapi memperkenalkan api kepada anak-anak harus sejak dini. Anak-anak yang mudah sekali penasaran, bisa jadi mencoba bermain api tanpa sepengetahuan kita. Oleh karena itu sebelum itu terjadi, kita memperkenalkan lebih dahulu, apa manfaatnya dan bahayanya seperti tulisan saya diSINI

bermain-api-air-tanah-angin-mengenalkan-alam

Bermain-air-api-tanah-angin-mengenalkan-alam

3. Bermain dengan tanah
Bermain dengan tanah memang mengasyikan buat anak-anak, lain lagi dengan ibunya ” Aduh mba kukunya kotor sekali, walah bajunya belepotan tanah ” itu yang terjadi pada saya hehe. Tapi, melihat mereka bisa kreatif membentuh tanah menjadi suatu bentuk, itulah pembelajaran.

bermain-air-api-tanah-angin-mengenalkan-alam

Selain tanah, anak-anak bermain batu, batu dikumpulkan dan mereka menatanya di samping taman, mereka berkreasi sendiri, tanpa saya suruh. “Biar tamannya bagus” kata Amira. Berlari kesana kemari mengambil batu menjadi aktivitas menyenangkan buat anak.

bermain-air-api-tanah-angin-memperkenalkan-alam bermain-air-api-tanah-angin-mengenalkan-alam

4. Bermain dengan angin
Ayahnya anak-anak membuat kincir angin dari bambu. Anak-anak belajar proses pembuatannya dan melihat baling-baling bambu berputar oleh hembusan angin.

Cekrek377

Saya hanya mengulas beberapa permainan yang tertangkap kamera, masih banyak permainan yang bisa diajarkan dengan 4 unsur tersebut.  Bagaimana denga ayah dan bunda sekalian, apa saja yang sudah dilakukan untuk mengenalkan alam pada anak?

8 responses to “Bermain dengan 4 unsur alam (api,air,angin,tanah)

  1. wah pelajaran yang menarik tuh buat anak2, supaya mereka tahu kegunaannya

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, Dina….

    Apa khabar Dina ? Didoakan sihat dan bahagia bersama keluarga. Alhamdulillah, senang melihat foto-foto anak-anak bermain air, api, angin dan tanah di atas. Kelihatannya mereka gembira dan senang meneroka dunia yang mengasyikkan ini. Memang rasa bebas apabila kita dapat berkreativiti sendiri ya. Hal ini mengingatkan bunda zaman kanak-kanak dulu yang juga bermain perkara yang sama. Rasa bebas dan gembira.

    Salam manis dari Sarieki, Sarawak.🙂

  3. asyik beneeerrr…kl anak2 sy main angin dari kipas angin lalu bernyanyi didepan angin yg berputar tadi…hahaha…

  4. masak-masakan walaupun anak saya laki-laki saya suka ngajak masak barneg, biasana sih cuma sekedar mengaduk atau memasukkan bahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s