Manfaat Positif Mengenalkan Alam Pada Anak

mengenalkan-alam-pada-anak

credit pic : naturalearning.org

Belajar tidak harus selalu dilakukan di dalam kelas. Belajar bisa di mana saja. Alam merupakan wahana belajar paling luas dan menyenangkan untuk anak – anak. Banyak hal baru dapat dipelajari anak dari alam dan tidak akan mereka dapatkan saat belajar di dalam kelas. Belajar di alam memungkinkan anak belajar sambil bermain.

Menurut North Carolina State University dalam Natural Learning Initiative terdapat manfaat positif mengenalkan alam kepada anak-anak (naturalearning.org):
1. Membantu proses pengembangan berbagai aspek perkembangan anak
Alam sangat berperan penting dalam perkembangan anak dalam berbagai aspek seperti intelektual, emosional, sosial, spiritual dan fisik (Kellert, 2005)

2. Menumbuhkan kreatifitas anak dan kemampuan memecahkan masalah
Berdasarkan hasil penelitian terhadap anak-anak yang bermain di halaman sekolah, mereka lebih kreatif ketika bermain di ruang terbuka hijau. Mereka bisa bermain bersama-sama. Bermain di alam sangat penting untuk mengembangkan kreativitas, problem solving, dan pengembangan intelektual (Kellert, 2005)

3.Meningkatkan kemampuan kognitif
Dekat dengan alam dan bersentuhan langsung dengan alam akan meningkatkan kemampuan anak untuk fokus dan meningkatkan kognitif (Wells, 2000)

4.Meningkatkan prestasi akademik
Berdasarkan penelitian di Amerika Serikat, sekolah yang belajar di alam terbuka (outdoor) dan berbagai bentuk pengalaman belajar berbasis alam menunjukan kemajuan siswa di bidang ilmu sosial, sains, seni bahasa, dan matematika. Siswa di bidang sains yang belajar di area terbuka (outdoor) mengalami peningkatan nilai ujian sebesar 27% (American Institutes for Research, 2005)

5.Mengurangi gejala Attention Deficit Disorder (ADD)
Bersentuhan dengan alam, secara signifikan mengurangi gejala ADD pada anak-anak berumur 5 tahun (Kuo and Taylor, 2004)

6.Meningkatkan aktivitas fisik
Anak-anak yang memiliki pengalaman bermain di alam terbuka lebih aktif fisiknya, lebih sadar gizi, lebih bersosialisasi dengan teman lainnya, dan lebih kreatif ((Bell and Dyment, 2006).

7.Meningkatkan Gizi
Anak-anak yang menanam makanannya sendiri cenderung makan buah-buahan dan sayur-sayuran (Bell & Dyment, 2008) dan menunjukkan pengetahuan yang lebih banyak tentang gizi (Waliczek, & Zajicek, 2006). Mereka akan terus melanjutkan kebiasaan makan yang sehat
sepanjang hidup mereka (Morris & Zidenberg-Cherr, 2002).

8. meningkatkan penglihatan mata
Lebih banyak waktu yang dihabiskan di alam terbuka dapat mengurangi tingkat rabun jauh (nearsightedness), juga dikenal sebagai myopia, pada anak-anak dan remaja (American Academy of Ophthalmology, 2011)

9. Meningkatkan hubungan sosial
Anak-anak akan lebih pintar, lebih mampu bergaul dengan orang lain, lebih sehat dan bahagia ketika mereka memiliki kesempatan bermain dengan bebas di alam terbuka (Burdette dan Whitaker, 2005).

10. Meningkatkan disiplin diri
Mengakses lahan hijau juga memandang pemandangan nan hijau, menambah kedamaian, kontrol diri dan disiplin dalam diri pemuda kota terutama pada anak perempuan (Taylor, Kuo dan Sullivan, 2001).

11. Mengurangi stress
Tanaman dan pemandangan nan hijau bisa mengurangi stress pada anak-anak. Lokasi dengan jumlah tanaman yang banyak, pemandangan serba hijau, dan bermain di lahan hijau menunjukkan hasil yang lebih signifikan (Wells dan Evans, 2003)

Semoga Bermanfaat

9 responses to “Manfaat Positif Mengenalkan Alam Pada Anak

  1. Ping-balik: Bermain dengan 4 unsur alam (api,air,angin,tanah) | Bunda dan Aku

  2. Manfaatnya banyak ya, mendidik anak kenal dengan alam.
    Butuh ketekunan orang tua untuk mengajarkannya
    Blog nya bagus mba

  3. Penting dan sangat bermanfaat ya, Mbak, belajar di alam. Di samping itu, anak-anak biasa juga sangat senang🙂

  4. sayang bange disini jarang taman bun

  5. Assalaamu’alaikum wr.wb, Dina…
    Anak-anak sebaiknya diajar sejak kecil mencintai alam sekitar agar mereka bisa menjaga dan memakmurkannya setelah dewasa. Jika alam kita tidak dilestarikan tentu sukar anka cucu kita di masa depan dapat menikmati keindahan yang pernah kita kecapi kini. Di Malaysia sudah ada silibus Pendidikan Alam Sekitar yang diajar sejak sekolah rendah.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s