Berkreasi dengan Baju Bayi untuk Memorabilia Anak

Bayi cepat tumbuh besar dan meninggalkan baju-bajunya kekecilan. Pakaian bayi yang sudah tidak dipakai tetapi masih cukup bagus bisa diubah menjadi benda memorabilia. Pada zaman sekarang, foto sudah tidak spesial lagi sebagai kenang-kenangan dari masa kecil. Untuk buah hati Anda, berikan sesuatu yang lebih istimewa. Berkreasilah dengan baju-baju masa kecil mereka dan berikan ketika mereka masuk masa kanak-kanak atau, agar lebih berkesan, berikan sebagai hadiah ulang tahun saat mereka memasuki masa remaja.

Sebelum mengubah pakaian bekas bayi menjadi kerajinan tangan, gunakan mesin cuci terbaik di rumah untuk membersihkannya karena setelah menjadi sebuah karya, kemungkingan besar kain-kain tersebut lebih sulit dicuci. Ikuti petunjuk perawatan pakaian tersebut dan, bila perlu, tambahkan cairan pelembut untuk mengembalikan kelembutan pakaian bayi setelah lama disimpan. Pertahankan warnanya tetap secerah mungkin.

Anda tidak perlu mahir menjahit untuk memodifikasi pakaian bayi menjadi sebuah hasil kerajinan tangan. Asalkan Anda memiliki jarum, benang, gunting, dan peralatan sehari-hari, kesibukan ini menyenangkan dan tidak menyulitkan. Tentu Anda perlu punya imajinasi benda apa yang akan dibuat. Beberapa ide berikut ini mudah-mudahan bisa memancing imajinasi Anda.

  1. Boneka kain

Di sini, imajinasi Anda diperlukan untuk menentukan bentuk boneka. Bentuk ini bisa berupa apa pun, tidak harus lengkap memiliki kepala, kaki, dan lengan. Buatlah pola dari pakaian bayi yang sudah layak dibongkar dan masih berwarna cerah. Yang paling sederhana adalah membuat dua pola yang sama seperti bayangan pada cermin untuk kemudian disatukan dan dijahit pada tepiannya. Ingat, jahit dari sisi dalam dan sisakan sekitar 5cm bagian yang tidak berjahit untuk membalik kainnya dan memasukkan isian. Bahan isian yang paling mudah dicuci adalah dakron. Mesin cuci terbaik memiliki pilihan siklus handwash yang bisa dipakai untuk mencuci boneka kain dengan isian dakron. Manfaatkan kancing bekas jika Anda membutuhkan bahan untuk mata dan hidung.

  1. Pakaian bayi berbingkai

Pilihlah pakaian bayi yang tidak terlalu besar. Kaus kaki mungil atau celemek makan bayi cocok menjadi pilihan. Setelah mencucinya, jenis pakaian apa pun perlu disatukan kedua lembarannya. Gunakan lem kain atau selotip kain untuk melekatkan sisi bagian dalam pakaian. Pasang semua kancingnya dan atur hingga mendapatkan penampang depan yang ingin dipajang. Tempelkan bagian belakang pakaian tepat di tengah-tengah karton putih kaku berukuran tidak lebih besar dari 40x40cm tergantung ukuran baju. Bawa ke tukang pigura dan pilih bingkai desain polos warna putih.

  1. Boneka kaus kaki

Ini merupakan salah satu ide termudah karena melibatkan sedikit jahit-menjahit. Gunakan enam potongan kaus kaki, masing-masing untuk badan, lengan, kaki, dan kepala. Anda tidak perlu menemukan motif kaus kaki yang sama untuk setiap anggota badan boneka. Pilihlah isian bahan dakron agar mudah dicuci menggunakan mesin cuci terbaik yang Anda miliki. Tutup lubang pada ujung masing-masing potongan kaus kaki dan satukan bagian-bagian tersebut dengan cara menjahit tangan secara kencang.

Jika pakaian-pakaian bayi Anda masih terlalu bagus dan sayang untuk dibongkar, berikut ini beberapa alternatif mendaur ulangnya:

  • Pakaian bayi tidak perlu mengikuti mode terkini, jadi Anda bisa memakainya lagi untuk bayi Anda berikutnya. Anda bisa berhemat banyak dengan cara ini. Setelah mencucinya, simpan pakaian di dalam kontainer kedap udara di tempat yang kering agar tidak berjamur.
  • Panti asuhan akan dengan senang hati menerima bantuan Anda. Jika menemukan panti asuhan terlalu menyulitkan, berikan kepada saudara atau tetangga yang memerlukannya.
  • Jika Anda beruntung, pakaian-pakaian bekas bayi Anda bisa dicairkan kembali menjadi uang. Jual satu per satu melalui internet atau secara kiloan.

semoga bermanfaat

6 responses to “Berkreasi dengan Baju Bayi untuk Memorabilia Anak

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, Dina…

    Ide yang kreatif dan inovatif, Dina.Tidak terfikir mahu melakukan yang demikian. malah dibuang atau diberi kepada orang yang memerlukan. Lagipun bunda tidak punya masa dong malah tidak kreatif menjahit. alasan nih ya.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.🙂

  2. lucu bun boneka kaos kakinya

  3. waah..,, keren nih ide2nya…,
    bisa hemat juga nggak beli mainan banyak ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s