Tips persiapan “field trip” mandiri bagi si kecil

Belajar tak hanya dapat dilakukan di dalam ruang kelas saja, tetapi bisa juga dengan terjun langsung ke lapangan dan bertemu narasumber yang tepat. Ini yang dimaksud dengan field trip. Kegiatan field trip ini, di beberapa sekolah menjadi agenda dalam kalender pendidikan sekolah anak. SDIT Cipta Cendekia Indonesia (CCI) salah satunya, melaksanakan 1-2 jadwal field trip sepanjang 1 tahun ajaran. Dalam pelaksaaan fieldtrip, Anda diberikan pilihan untuk mendampingi anak atau tidak. Ketika Anda mendampingi anak tentunya lebih terawasi, bagaimana kalau tidak? Berikut adalah tips ketika anak belajar mandiri mengikuti fieldtrip:

1. Cek detail kegiatan field trip
Ketika memutuskan tidak mendampingi anak untuk field trip, tentunya Anda merasa berat, untuk itu Anda bisa meyakinkan diri sendiri dengan bertanya lebih detail kepada pihak sekolah, bagaimana pelaksanaan field trip, dari mulai berangkat, di perjalanan, atau di tempat wisata, dan perjalanan pulang. Ketika semua persiapan sudah cukup aman buat anak, tinggal Andalah yang harus merelakan.

2. Diskusikan dengan anak
Diskusikan dengan anak bahwa Anda tidak ikut serta, lihat bagaimana reaksi mereka. Ada anak yang tidak masalah dan ada juga yang masih takut bepergian apabila tanpa dampingan orangtua. Ajak anak Anda berbincang soal field trip, agar dia pun mendapatkan bayangan soal tempat tujuan. Berikan penjelasan yang akan mereka mengerti dan membuat mereka tenang dan senang tentunya.

3. Agendakan tanggal Fieldtrip
Anda bisa mengajak anak untuk bersenang-senang sebelum field trip. Buatlah kalender buatan sendiri untuk menandai tanggal sebelum hari keberangkatan.

kalender-buatan-sendiri

Amira menandai kalender hari demi hari menuju hari keberangkatan ke KIDZANIA

4. Persiapkan keperluan anak
Pihak sekolah akan memberikan daftar barang apa saja yang harus dibawa untuk field trip. Biasanya baju olahraga sekolah, baju ganti, topi, makanan kecil selama perjalanan, uang jajan yang dititipkan di guru, kresek buat baju kotor (Kegiatan field trip bermain tanah), handuk (kegiatan field trip bermain air). Yang perlu DiINGAT, pastikan barang bawaan anak memakai nama di setiap barang yang dibawa, untuk menghindari tertukar dan hilang. Pengalaman waktu Amira, baju olah raga tertukar dan kerudung renang hilang😦

5. Periksa kelengkapan barang
Buatlah daftar barang bawaan agar tidak ada yang tertinggal atau hilang saat di perjalanan.

6. Periksa kesehatan anak
Pastikan anak Anda dalam keadaan sehat sebelum bepergian. Jangan paksakan untuk bepergian jauh jika kondisi kesehatan anak Anda kurang baik. Antisipasi juga dengan membawa obat-obatan sewaktu melakukan perjalanan.

7. Percaya kepada guru dan anak
Percayakan pengawasan selama field trip kepada guru yang bertugas. Berikan pengarahan pada anak untuk selalu berkomunikasi dengan guru ketika mengalami kesulitan atau kebingungan selama kegiatan field trip.

semoga bermanfaat

16 responses to “Tips persiapan “field trip” mandiri bagi si kecil

  1. Mbak…boleh minta no.telp sdit cipta cendekia gak?makasih sebelumnya

  2. makasih bunda infonya,th depan anakku juga mau masuk SD dan skrg aku lagi cari2 SD yg cocok buat anakku…salah satu pilihannya ya SD IT Cipta Cendekia Indonesia ini,kalo boleh tanya ada info biaya antar jemputnya ga?thank’s..

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb, Dina…

    Tips yang sangat mengesan dan mencerahkan kepada ibu bapa yang mempunyai anak sedang dalam pembelajaran filed trip. Memang sepatutnya begitulah yang harus difikir juga dibimbangi agar lebih perihatin. Oh ya… di sana ada Kidzania. Saya fikir hanya ada di jepang dan Arab Saudi sahaja. Semoga trip Amira berhasil.

    Salam manis dari bunda di Sarikei, Sarawak.🙂

    • wa’alaikumsalamwr wb. Ada bunda di Jakarta, Amira harus menempuh perjalanan 2-3 jam dari Bandung ke jakarta. mudah2an perjalanan hari ini lancar , selamat diperjalanan. aamiin

  4. dulu waktu masih sekolah paling suka kalo ada acara beginian. ^_^ tanpa ditanya ortu ga pernah takut kalo disuruh berangkat tanpa ortu. malah kadang minta kalo ortu ga usah ikut.😀

  5. hampir setiaptahun anak2 field trip sendiri,maksudnya sama sekolah tanpa orang tua. Allhamdulillah melatih kemandirian

  6. terima kasih mbak. bekal untuk masa depan ini, hahahaha

  7. Tips yang berguna Teh, bulan depan anak saya juga mo ke Kidzania..makasih ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s