Cat Buatan Sendiri yang Aman untuk Face Painting Anak-Anak

Face painting, pernah mencobanya? Saya dan anak-anak sih belum pernah mencobanya, tetapi saya pernah melihat ketika Amira ikut perlombaan melukis, ada stand yang menawarkan face painting buat anak-anak, ada yang dilukis bunga, hewan, dilukis dengan warna yang bermacam-macam, lucu-lucu memang, Amira pun sempet bertanya “ Kenapa di wajahnya ada gambarnya, bunda?” Face painting ini sering juga dilihat ketika pertandingan sepakbola, para supporter melukis bendera pemain yang dijagokannya di wajahnya atau atribut lainnya terkait sepakbola.

credit pic: safecosmetics.org


Menerapkan face painting di wajah anak, aman atau berbahaya? Kehati-hatian memang perlu, apalagi kulit merupakan daerah yang sensitif berlaku untuk anak dan dewasa, cocok-cocokkan terutama  bahan kosmetik. Kekhawatiran ini bukan tidak berdasar, karena menurut hasil riset oleh Campaign for Safe Cosmetics bahwa cat wajah yang dipakai untuk face painting bisa berpotensi membahayakan kulit si kecil lho.

Membuat Sendiri Cat Wajah yang Aman

Sebelum jauh terlambat, untuk menghindari paparan logam berbahaya yang terkandung dalam cat wajah yang dijual bebas, cobalah membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan alami yang biasa Anda pakai dalam makanan. Namun perlu diingat bahwa bahan makanan tertentu bisa menyebabkan alergi pada anak-anak, jadi perhatikan kondisi mereka sebelum Anda berkreasi di muka mereka.

Pewarna makanan yang alami tersedia di toko-toko bahan makanan dan biasanya disarikan dari tumbuhan.Jangan menggunakan pewarna makanan yang mengandung bahan sintetis. Beberapa tetes pewarna makanan ini kemudian dicampurkan ke dalam salah satu bahan dasar sebagai berikut (safecosmestics.org) :

  • Krim wajah atau losion putih yang aman tanpa pewangi,
  • Campuran tepung terigu dan air,
  • Pasta gigi putih yang tidak mengandung flouride,
  • Campuran gula halus dan air, atau
  • Cocoa butter (tersedia di toko bahan makanan)

Jika tidak menemukan pewarna yang murni alami di toko, buat sendiri dari buah, sayuran, atau bumbu masak di bawah ini.Campurkan bahan-bahan ini ke dalam salah satu bahan dasar di atas.Warna-warna lain bisa dihasilkan dengan mengombinasikan bahan-bahan pewarna ini.

Kuning atau oranye: perasan kunyit
Merah atau merah muda: perasan atau jus stroberi
Hijau: jus avokad, bayam, atau brokoli
Biru atau ungu: perasan atau jus bluberi
Coklat: coklat bubuk
Abu-abu atau hitam: kopi bubuk atau tinta cumi-cumi

Kreativitas pembuatan cat wajah ini bisa melibatkan anak-anak.Antisipasi kotor yang ditimbulkan karena bahan-bahan pewarna di atas meninggalkan noda pada pakaian.Ikuti petunjuk mencuci menggunakan mesin cuci yang bagus untuk menghilangkan noda pada pakaian. Anda bisa menemukan kiat-kiatnya di berbagai sumber terpercaya di internet.

Sebelum mulai melukis pada wajah mereka, lakukan tes pada area kecil kulit mereka untuk mengetahui apakah ada reaksi alergi. Gunakan kuas bersih untuk mengoleskan cat pada wajah dan biarkan warna dasar mengering sebelum mengoleskan warna lain di atasnya.Jika Anda menggunakan krim wajah atau pasta gigi sebagai bahan dasar, ingatkan anak-anak bahwa cat wajah ini tidak bisa dimakan. Selain kedua bahantersebut, mereka bisa menjilatinya.

Sumber : SafeCosmetics
DIY Recipes for lips, faces,acne, Face Paint, etc

16 responses to “Cat Buatan Sendiri yang Aman untuk Face Painting Anak-Anak

  1. Permisi mau tanya, kalau saya ingin buat facepaint warna hitam selain pakai bubuk kopi dan tinta cumi2 ada yang lain kah? Apa warnanya bakal nempel di kulit? Terimakasih sebelumnya

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, Dina…

    Masih sibuk ya sehingga belum ada posting baru. Anak bunda, Ieesyah suka sekali membuat adunan mainan menggunakan adunan donat yang kemudian dibentuk pelbagai sebelum digoreng dan dimakan. Sekurangnya kita melatih anak-anak kreatif dalam kehidupannya. Biar bahagia dan terpelihara akalnya.

    Salam manis selalu dari Sarikei, Sarawak.🙂

    • wa’alaikumsalam wr wb, aih bunda perhatian banget, suka berkunjung ke blog dina, jadi tau ga posting2 hehe. lagi ngurusin blog satunya, launching boneka handmade bunda, mau beliin putrinya boneka dina hehe promosi

  3. wah kok kayak buat adonan kue ya bahan2nya

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, Dina.
    Bunda selalu melihat anak-anak bunda membuat sendiri car dari tepung terigu bercampur air. Kreativitas ini mereka perolehi melalui slot sains di dalam tivi. Itukan lebih baik dan selamat buat mereka.
    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.🙂

  5. Bisa mengajak anak berkreativitas dengan bahan sendiri

  6. Ternyata bisa buat sendiri ya teh…

  7. belum pernah nyobain face painting juga bun…

  8. Anakku suka banget coret2 wajah sampai kaki & tangan. Dulu dibeliin cat air khusus yg aman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s