Kondisikan Anak Ketika Pindah Rumah

Setelah beberapa tahun jadi kontraktor maksudnya sering ngontrak rumah hehe. Alhamdulillah tahun ini memaksakan menyicil rumah, biar kecil tapi rumah sendiri, mudah-mudahan ada rizkinya buat nyicil, aamiin ( mudah-mudahan yang membaca tulisan ini mengaminkan juga hehe). Sebagai kontraktor, saya sudah tiga kali pindah rumah. Dengan anak yang masih kecil-kecil, biasanya saya harus mengkondisikan anak-anak dengan rencana kepindahan rumah. Ada beberapa hal yang saya lakukan seperti :

1. Jelaskan alasan pindah
Di berbagai kesempatan, saya selalu mendiskusikan tentang kepindahan rumah kepada anak dan menjelaskan alasannya dengan bahasa yang anak bisa mengerti. Dulu ketika pindah, saya memberi tahu Amira (4 thn) kalau alasan pindah yaitu pindah ke rumah yang lebih besar lagi,  sekarang Amira (7 thn) saya bilang pindah ke rumah sendiri bukan rumah orang lain. Bagi anak seusia Amira, pindah rumah bisa jadi terasa lebih sulit, karena di lingkungan sebelumnya Amira sudah memiliki teman yang sudah akrab, tetapi Alhamdulillah Amira sudah mengerti.

2. Datangi tempat tinggal baru
Sebelum pindah, anak-anak diajak melihat rumah yang baru. Saya perhatikan sih mereka antusias melihat ruangan-ruangan yang ada. Saya tunjukan kalo ruangan yang ini nantinya jadi kamar anak-anak, yang ini kamar ayah bunda, dan memperlihatkan ruangan lainnya. Mereka juga diajak jalan-jalan di depan rumah, merasakan dan melihat lingkungan yang baru.

3. Libatkan anak ketika siap-siap pindah
Menjelang kepindahan, anak-anak yang lebih gede Amira 7thn dan Ayu 5 thn, diajak melist dan mengepak barang-barang kepunyaannya  semampu mereka. Mereka antusias memasukkan barang-barangnya terutama mainan sih he. Di rumah baru yang akan ditempati, Amira dengan antusias membantu menyapu dan mengepel rumah sebelum barang-barang masuk ke dalam rumah baru. Beberapa barang-barang mulai masuk, anak-anak dilibatkan untuk mengoper barang yang ringan dipindahkan dari mobil ke rumah. “Box itu mba yang bawain ya”,” Mba pingin bantu lagi, apa yang harus mba bawain.”

barang anak-anak

mainan anak dan buku

pel rumah

bersih bersih dulu ah..

bongkar mainan

baru juga diturunin dari mobil langsung bongkar

4. Hari kepindahan
“Horee pindah.” Mereka mandi dan makan pagi-pagi sekali, mereka antusias  pindah ke tempat baru, serasa akan jalan-jalan. Yang namanya baru pindahan, kondisi rumah pasti  masih berantakan, saya melibatkan anak untuk menata kamarnya sesuai dengan keinginannya, seperti yang dikatakan Amira “Bunda, nanti Amira mau hias sendiri ya kamarnya” . Lain Amira (7 thn) lain lagi Salwa (2 thn) “Ayo pulang, ayo pulang!” Salwa masih belum mengerti arti pindahan, awalnya masih rewel , tetapi untuk membuat anaknya nyaman, salwa diajak jalan-jalan mengelilingi sekitar rumah baru.  Hal penting dilakukan pertama kali adalah bereskan barang-barang anak terlebih dahulu supaya anak-anak nyaman dengan tempat yang baru, dan kita juga bisa leluasa membereskan barang yang lainnya, sementara anak-anak anteng bermain di kamar yang baru.

Cepat atau lambat anak juga akan beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

15 responses to “Kondisikan Anak Ketika Pindah Rumah

  1. Ping-balik: Wall sticker or Wall Art DIY | Bunda dan Aku

  2. selamat ya mbak atas rumah barunya dan semoga kerasan dirumah barunya.
    dan tak lupa,semoga dilancarkan rezekinya (yang katanya buat nyicil🙂 )
    amiin….

  3. Ditunggu artikel tentang “Cara Memilih Tempat Tinggal”, mbak…🙂

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, Dina…

    Seneng ya bisa pindah rumah sendiri. memang kita harus libatkan anak-anak agar mereka merasa penting dan diperlukan. Tips yang Dina jelaskan di atas sangat mudah dan senang diadaptasikan.

    Bunda juga pernah pindah rumah dua kali sebelum menempati rumah sendiri hingga ke hari ini. Semoga bahagia dan tenang di rumah barunya. Rumahku syurgaku.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.🙂

  5. Pindah kemana teteh ? semoga semuanya betah di rumah barunya ya..

  6. libatkan anak , supaya anak merasa penting juga ya mbak

  7. Keingetan Raja, dia juga semangat banget waktu kami pindah2an tahun kemarin.

    Selamat menempati rumah yang baru ya mbak, semoga banyak berkat yang mbak dan keluarga rasakan di rumah baru itu🙂

  8. selamat menempati rumah baru din…rasanya ssuatu ya klo udah menempati rumh sendiri, saya mah dulu lebay pas menempati rmh sendiri, sararedih haru gitu hahaha, eh ga nyangka setelah ditempati 4 tahun, harus mengontrak biar dekat k kantor suami. rmh sendiri dikontrakan di bogor. jadi kontraktor lagi deh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s