Kenalkan anak dengan permainan agustusan

Mumpung masih bulan agustus, saya mau bercerita tentang lomba 17 agustusan kemarin. Anak-anak semangat 45  ikut lomba yang diadakan di komplek tempat kami tinggal. Baru tahun ini, pertama kalinya anak-anak ikut lomba, makanya mereka semangat sekali. Lomba diadakan mulai hari sabtu, 16 agustus sore dan dilanjut minggu pagi. Lomba yang diadakan adalah lomba kerupuk, kelereng pake sendok, memasukkan pulpen kedalam botol, lomba ambil ikan, lomba masukin air ke ember yang berbeda, ngepit balon, dan lain-lain. Pesertanya adalah anak-anak komplek dari umur 4 thn , seumur amira (7thn), Ayu (5 thn) sampai usia smp.

Mengenal berbagai macam permainan tersebut bukan hal yang baru buat Amira dan Ayu.  Mereka mengenalnya sejak masih tk karena saya suka bercerita dan praktek langsung di rumah. Cerita lomba kerupuk di rumah, saya pernah menuliskannya dengan judul “Kerupuk oh kerupuk” . Setelah Amira bisa membaca, Amira menjadi lebih tahu aneka permainan, mulai dari permainan agustusan sampai permainan tradisional.

kover-100-permainan

Setelah  membaca buku tersebut, Amira dengan antusias  berkata ” Bunda, saya mau ikut lomba kelereng, kerupuk, hulahup .” Mempraktekkan apa yang ada dibuku menjadi lebih menyenangkan, karena merasakan langsung serunya. Dan bener saja Amira mengikuti semua lomba yang ada dan menang. Ibu-ibu komplek pun berkata ” Wah Amira menang terus .” Saya pun berkata ” Iya bu, udah latihan dulu hehe,” walaupun kenyataannya hanya beberapa permainan yang pernah saya ajarkan kepada Amira.

amira makan kerupuk

buka mulutnya nyam nyam

amira dan teman makan kerupuk

ayo ayo … cepatan makan kerupuknya

masukin pulpen ke botol

atur posisi masukkan pulpennya

lomba kelereng

ga bisa ngomong neh lagi ngemot sendok

hadiah

asyik juara ke 2

hadiah

horee juara 1 lomba makan kerupuk

Berlomba dengan banyak teman, menjadi lebih menyenangkan, karena anak bisa belajar untuk berusaha, tertawa bersama, melatih keseimbangan, melatih kecepatan tangan, dan badan jadi tergerakkan. Banyak manfaat yang bisa anak-anak ambil dari permainan tersebut. Semoga permainan tersebut akan terus ada untuk mewarnai keceriaan anak-anak.

12 responses to “Kenalkan anak dengan permainan agustusan

  1. Kalo agustusan yang ditunggu emang lomba2nya

  2. Waahh..selamat ya Amira, jadi juara!

    Raja tahun ini gak ikutan lomba tujuhbelasan, soalnya pas hari kemerdekaan kami pas lagi liburan ke rumah mertua😀

  3. Wah…hebaat..Amira sang juara.. Ini bisa membuat tingkat percaya diri pada anak meningkat loh ! baguuus..

  4. Sayangnya tahun ini di lingkungan kami enggak ada permainan dan lomba dalam rangka tujuh belas Agustusan, Mbak Dina.

  5. kemarin di RT gak ada lomba, untungnya di sekolah ada

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s