Yuk, Bersepeda Bersama si Kecil Sejak Dini

IMG_20140816_065948

Berkumpul bersama, tertawa bersama, dengan orang terdekat merupakan hal yang menyenangkan. Tidak perlu susah untuk menciptakan suasana seperti itu, bersepeda pun bisa menjadi menyenangkan. Amira (7 thn), Ayu (5 thn), dan Salwa (2 thn), saat ini sedang gemar-gemarnya bersepeda. Mereka bersepeda seringnya ketika sore hari, karena pagi hari mereka bersekolah. Kebersamaan lebih komplit ketika weekend, karena saya dan suami bisa meluangkan lebih banyak untuk mendampingi anak-anak. Berkeliling komplek rumah atau sekadar berbelanja makanan di warung terdekat dengan bersepeda, menjadi hal yang menyenangkan bagi anak-anak.

IMG_20140816_065620Bersepeda, olah raga yang paling murah dan bisa dilakukan mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Sejak usia berapa anak bisa mulai bersepeda? Dan apa manfaatnya? Ceki tulisan dibawah ini.

Mulai Sejak Dini

Kita tidak harus menunggu hingga mereka cukup besar untuk bisa mengayuh jika ingin mengajaknya bersepeda. Jangan lupa, kita bisa membawanya bersepeda sejak dinidengan memboncengnya lho.Gunakan childcarrier atau kursi kecil khusus untuk anak-anak yang dipasang di sepeda, Anda dapat menemukan kursiini di toko sepeda dan supermarket besar. Perhatikan petunjuk keamanan, cara penggunaan dan maksimal beban yang bisa dibawa oleh child carrier dan sesuaikan dengan si kecil.

Menurut informasi narasumber dari American Academy of Pediatrics yang dikutip oleh Babycenter.com, paling tidak kita harus menunggu hingga anak berumur 12 bulan dan sudah bisa untuk duduk tegak sendiri tanpa bantuan sebelum mencoba memboncengnya di atas sepeda.Untuk anak yang lebih besar, Anda dapat memberinya sepeda roda tiga sebelum menggunakan sepeda roda dua jika mereka sudah cukup mahir. Anda akan melihat betapa senangnya mereka terkena hembusan angin dan menengok ke kiridan kanan melihat hal baru

Manfaat Bersepeda bagi Anak   

Banyak manfaat bersepeda yang dapat dirasakan oleh anak dan jugabagi kita sebagai orang tua, seperti:

  • Interaksi: ini hal yang mungkin tidak Anda dapatkan saat mereka menonton tv atau bermain game di rumah. Sambil mengayuh, Anda bisa mengajak mereka bercerita mengenai pengalamannya di sekolah atau tempat les. Tapi tetap ingatkan mereka untuk konsentrasi dan memperhatikan jalan di depan mereka.
  • Melihat hal baru: Anda dapat memilih jalur yang aman namun banyak pemandangan. Misalkan melalui komplek perumahan atau taman kota. Biarkan mereka melihat hal-hal baru selama perjalanan, mungkin mereka akan menanyakan hal-hal yang mereka baru saja lihat kepada Anda, tentunya ini dapat menambah pengetahuan mereka.
  • Kesehatan: mengayuh sepeda akan melatih fisik dengan membentuk otot-otot tangan dan kaki mereka. Namun Anda harus perhatikan lamanya waktu bersepeda agar tidak terlalu berat bagi mereka. Sebaiknya bersepeda pada pagi hari di saat lalu lintas belum padat dan sinar matahari masih baik untuk kesehatan.
  • Menghilangkan stres: tidak hanya orang dewasa yang dapat mengalaminya, anak-anak pun dapat mengalami stres. Pertimbangkan jadwal ekstrakurikuler mereka dan sesuaikan dengan jam istirahat yang mereka butuhkan. Dengan bersepeda, stres mereka akan dapat hilang dan mereka akanjadi lebih bersemangat.

Jangan Takut Mereka Terluka dan Belajar

Jika anak jatuh, jangan Anda menjadi takut atau khawatir. Ini semua adalah proses belajar mereka untuk menjadi lebih mahir bersepeda dan lebih mandiri. Mereka akan belajar untuk tidak menyerah jika belum berhasil melakukan sesuatu, dampingi dan semangati mereka saat bersepeda. Tentunya Anda harus menyiapkan perlengkapan keamanan seperti helm, pelindung lutut dan siku, untuk memastikan mereka tidak terluka berat. Mungkin sehabis bersepeda Anda akan mendapatkan noda darah atau kotoran tanah karena terjatuh. Dengan menggunakan metode menghilangkan noda yang benar dan mesin cuci yang bagus, noda akan cepat menghilang sempurna. Untuk jumlah anggota keluarga yang besar, memiliki mesin cuci 1 tabung akan menghemat banyak waktu Anda, karena tidak perlu memindahkan dari 1 tabung ke tabung lainnya. Kalau Anda masih bingung menentukan antara membeli mesin cuci 1 tabung atau 2 tabung, dapatkan informasi lebih banyak untuk membantu Anda menentukan mesin cuci terbaik untuk keluarga.

Yuk  bersepeda!

Sumber: http://www.babycenter.com/408_when-can-i-pull-my-baby-in-a-bike-trailer-or-bike-seat_1368515.bc

8 responses to “Yuk, Bersepeda Bersama si Kecil Sejak Dini

  1. Alhamdulilah setiap hari saya bersepeda Mba. Ngantar jemput anak ke sekolah. Lumayan lah sehari 20 menit

  2. pingin sepedaan lagi nih, aku belum punya sepeda dewasa bun🙂

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb, Dina….

    Bersepeda bersama memang mengundang meriah. Malah saya senang melakukan aktivitas ini ketika anak-anak masih kecil.

    Sekarang semuanya sudah besar dan tidak mahu bersepeda lagi. Sukanya bermotor pula. Aktivitas bersepeda sangat sihat dan bisa membakar banyak kalori yang “manja” dalam tubuh kita.

    Anak-anak Dina semuanya puteri ya. Pasti bising dengan mulut mereka yang suka menjerit kesukaan, malah takuuut.🙂

    Salam manis buat Dina dari Sarikei, Sarawak.

  4. seru ya mbak bersepeda bersama, selain sehat menambah kompak keluarga🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s