Womenpreneur Checklist, Panduan Memulai Usaha Untuk Perempuan

Menjadi sukses dalam bisnis, tentunya dambaan setiap orang. Hanya saja, proses untuk mencapai level tersebut tidaklah instant. Ada banyak faktor yang harus dipelajari sejak bagaimana memulai sebuah usaha, bisnis apa yang cocok, bagaimana mendapatkan modal usaha, bagaimana melejitkan bisnis, dan hal-hal penting lainnya. Pertanyaan-pertanyaan diatas seringkali terlintas di pikiran para calon entrepreneur.

Buku ini adalah jawabannya. Buku yang ditujukan khusus  para perempuan, cocok untuk pemula dan yang sudah terjun ke dunia bisnis. Untuk pemula, buku pintar ini layak dijadikan alat bantu untuk memulai menjalankan bisnis. Sedang untuk yang sudah terjun ke dunia bisnis, buku ini sebagai alat ukur bisnis yang sudah dijalankan, apakah sudah sesuai dengan harapan atau perlu dibenahi.

Di bab satu, pembaca akan belajar mengidentifikasi bisnis apa yang cocok dijalankan, karena memilih bisnis yang cocok tidaklah segampang membalikkan telapak tangan. Bisnis yang sukses dijalankan oleh orang lain belum tentu cocok untuk kita (hal 17). Pada bab ini, pembaca bisa mendapatkan ide peluang usaha yang bisa dijalankan seperti memulai bisnis dari hobi (hal 22-33) atau memulai bisnis dengan mengikuti jejak teman yang sukses ( hal 34-38). Buku ini memberikan point-point penting untuk setiap ide peluang bisnis dan juga memberikan daftar peluang bisnis, yang bisa menginspirasi pembaca (hal 44).

Bab dua, menjelaskan cara memulai bisnis sehingga menjadi sukses. Untuk sukses diperlukan dua keterampilan. Ketrampilan pertama, memahami bisnis yang akan digeluti supaya bisa bertahan dalam bisnis dan meminimalkan kegagalan (hal 54) dan point penting yang harus diurus untuk memulai bisnis (hal 61). Keterampilan kedua, memahami ilmu manajemen mulai dari manajemen administrasi ( hal 68-76), manajemen keuangan (hal 77), manajemen pemasaran ( hal 79-86).

Banyak yang bilang dunia bisnis sarat dengan intrik. Contohnya, seringkali konsumen yang membeli tidak datang lagi, bagaimana cara menyikapinya? Buku ini memberikan cara untuk menarik konsumen untuk datang kembali ( hal 94-96) dan point penting untuk diperhatikan ( hal 97-99). Intrik lainnya datang dari pesaing, buku ini mengajak untuk bersaing secara sehat dan ada beberapa hal yang perlu dijaga ( hal 100) supaya terjalin hubungan baik. Selain itu, buku ini menjelaskan cara untuk mendapatkan rekanan bisnis sesuai dengan harapan kita (hal 106).

Berbicara tentang modal usaha, selain dari tabungan pribadi ( hal 118) dan menjual asset pribadi (hal 125). Buku ini menjelaskan cara mendapatkan modal dari dana CSR atau usaha kecil ( hal 121-125) dan cara mengajukan pinjaman ke bank (hal 131-143).

Pada bab terakhir, akan dibahas secara detail tips dan trik memulai usaha ( hal 153) serta cara melejitkan usaha (hal 187).

Judul : Womenpreneur Checklist
Penulis : Dian Akbas
Penerbit : Stiletto Book
Tebal buku : 240 hal
Terbit : Februari 2014
ISBN : 978-602-7572-24-9

10 responses to “Womenpreneur Checklist, Panduan Memulai Usaha Untuk Perempuan

  1. ijin copas utk dipost di blog saya🙂
    thx

  2. Terima kasih sudah membaca buku ini, dan terima kasih juga review nya. yang belum punya, AYO jangan sampe kehabisan😀

    salam dari Alanya
    Dian Akbas

  3. Whoa reviewnya komplit banget. Penasaran baca bukunya.Menjalankan usaha itu kalau tidak diimbangi pengetahuan yang matang bisa gak bertahan lama🙂

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, Dina….

    Semoga akan ramai kaum wanita di sana memanfaatkan buku ini untuk dijadikan panduan menjadi usahawan wanita berjaya. Makanya, setelah baca harus praktis lho sehingga berjaya seperti Dina.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.🙂

  5. Sepertinya bukunya menarik ya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s