Sepakbola, Game, dan Perempuan

Menjelang piala dunia 2014, pembicaraan sepakbola tidak lagi hanya dibicarakan oleh kaum adam saja, tetapi kaum hawa juga. Sekarang ini, banyak perempuan yang mengerti tentang olahraga yang satu ini. Mereka mengerti karena memang mereka menyukai permainan sepakbola atau tuntutan pekerjaan. Perempuan yang dituntut mengerti sepakbola, merekalah para presenter-presenter cantik yang membuat acara sepakbola menjadi lebih menarik.

14023760451476256813

Sumber gambar: dimaszon.blogspot.com

Dituliskan oleh Dimaszon, berikut adalah perempuan yang pernah menjadi presenter olahraga sepakbola di Indonesia:
1. Franda, presenter TOTAL FOOTBAL di ANTV
2. Terry Putri, seorang presenter Sepakbola LA LIGA dan  ONE STOP FOOTBALL ON SUNDAY di Trans 7
3. Kamidia Radisti, Presenter sepakbola Galeri sepakbola nasional dan Sport 7 yang tayang di Trans 7.
4. Donna Agnesia, Presenter wanita yang paling berpengalaman. Lebih dari berbagai acara olahraga telah donna bawakan, diantaranya pertandingan liga champions, piala dunia sepakbola di SCTV.
5. Tya Ariestya, Presenter Sepakbola KAMPIUN sepakbola Indonesia
6. Fenita Arie, presenter sepakbola Sport 7 dan One Stop Football on Saturday yang tayang di Trans 7.
7. Hilyani Hindranto, presenter galeri sepakbola nasional di Trans 7.
8. Anandita Witoelar, presenter galeri sepakbola nasional di Trans 7

Menjadi Pemain Sepakbola
Tak hanya menjadi presenter atau komentator saja, perempuan bisa unjuk kebolehan juga dengan bermain di lapangan, dengan bergabung dengan sekolah sepak bola (SSB) khusus perempuan. Mengutip berita dari Radar Lampung (03/05/2013), klub sepak bola putri di Indonesia cukup banyak. Tapi, untuk sekolah sepak bola (SSB) perempuan, baru ada satu di Indonesia. Namanya SSB Queen Bandung.

14023761061857014470

Sumber gambar : radarlampung.co.id

Menurut Papat Yunisal, kepala Sekolah Sepak Bola (SSB) Queen, SSB Queen merekrut murid usia 8–16 tahun yang dikelompokkan ke dalam dua kelas, yaitu U-12 dan U-16. Latihan berlokasi di halaman kantor PSSI Jabar, Lapangan Arcamanik, dan Lapangan Tegallega.

Untuk kategori usia kurang dari 12 tahun, materi yang diberikan berupa pengenalan terhadap sepak bola, belum latihan berat. Untuk kategori U-16, materi latihan sudah lebih banyak ke teknik dan peningkatan skill tiap murid. Meski mereka perempuan, latihan yang ditempuh tidak lebih ringan dibanding siswa laki-laki. Dari segi regulasi, ukuran lapangan, sampai durasi permainan, materi latihan sama dengan sepak bola putra.

Game Sepakbola Perempuan
Game sepakbola pada umumnya terdiri dari pria atau tim sepak bola tertentu yang terdiri dari 11 orang pria dalam satu tim. Soccer Girl Adventure, berbeda dari game sepakbola kebanyakan. Soccer Girl Adventure melibatkan perempuan sebagai pemeran utamanya. Game ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Sora yang ingin sekali bermain bola. Namun keinginannya tersebut dihalangi oleh sekelompok laki-laki. Mereka menganggap bahwa perempuan tidak dapat bermain bola. Sora ingin membuktikannya dan melawan serbuan mereka.

1402376156451410357

Sumber gambar : tinkerworlds.com

Game sepak bola perempuan ini dikembangkan oleh Tinker Games, sebuah mobile game developer asal Bandung pada tahun 2012. Soccer Girl Adventure pernah menjadi salah satu nominator dalam INAICTA 2012 kategori Digital Games.

Melalui Touchten Games, Tinker Games mengedarkan game saku ini untuk bisa dinikmati oleh pemilik smartphone berbasis iOS ataupun Android. Game ini dapat diunduh di App Store dan Windows Store. Menurut Muhammad Ajie Santika, CEO dan co-founder tinker games yang dirilis swa.co.id “Kami menerbitkan game memang untuk pasar global. Akhir-akhir ini kami pun mulai aktif mengikuti acara game yang berskala internasional seperti Eurogamer Expo dan Tokyo Game Show.”

Maju terus sepakbola Indonesia!

Untuk kamu yang perempuan “Terus berkarya, makin maju dan berprestasi!”

sumber : http://olahraga.kompasiana.com/bola/2014/06/10/sepakbola-game-dan-perempuan-665029.html

2 responses to “Sepakbola, Game, dan Perempuan

  1. nyobain ah nanti download gamenya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s