Like mother like daughter – Like father Like son

Like Father Like Son, Like Mother Like Daughter adalah sebuah pepatah yang memilki makna bahwa seorang anak cenderung menyerupai orang tuanya. Pepatah dalam bahasa Inggris tersebut kurang lebih memiliki kesamaan makna dengan pepatah lainnya dalam bahasa Indonesia yaitu “buah jatuh tak jauh dari pohonnya”.

Obrolan ringan dipagi hari dengan teman kantor seputar pepatah diatas.
” Eh din, pas anak2 sudah gede, kalo diperhatikan sifat buruk saya teh sedikitnya turun ke anak, bedeugongna (keras kepalanya), ngangkrangna (ga mau kalah), walaupun saya teh tidak mau sifat buruk saya turun ke anak. Jadi ketika sifat buruk saya keluar, anak akan belajar, anak akan mendengar, anak akan mengikuti, anak pun akan tumbuh sesuai dengan pola pengasuhan kita.”

Saya pun unjuk bicara,” bu, ketika jadi orangtua, dengan mudahnya kita nyuruh anak ini, nyuruh anak itu, contoh kasus : Saya menyuruh Amira menyiapkan peralatan sekolahnya ketika malam, sehingga tidak akan riweuh pas pagi hari, tapi adakalanya apa yang disuruhkan ternyata malah saya tidak ikuti untuk diri sendiri, saya lupa menyiapkan barang untuk dibawa kantor, karena tidak disiapkan pas malam hari.” Jadi merasa kalo Amira begitu karena saya begitu juga.

Temen pun berkata ” Kan setiap orang tua maunya anak-anaknya akan lebih pintar, lebih sholeh, intinya anak harus lebih baik dari orang tuanya, makanya orang tua seringkali melarang ini, melarang itu, nyuruh ini, nyuruh itu, tapi yang perlu digarisbawahi, jangan sampai kita menyuruh anak sholat, kitanya tidak sholat, menyuruh belajar tapi kitanya menonton tidak mendampingi, jadi tetap aja anak melihat dan ujung2nya berkata ” Ah , bapak aja ga sholat, ngapain juga sholat”. Coba kita amati diri sendiri, anak adalah cerminan dari orang tua.

Memang ya untuk menjadi orang tua itu merupakan PR besar , dimana orang tua harus terus belajar menjadi lebih baik lagi.

9 responses to “Like mother like daughter – Like father Like son

  1. pasti ada yang diturunkan pada anak2 ya mbak🙂

  2. Kemiripan sikap membuat anak lebih terlihat mirip dengan orangtuanya ya, Mbak. Karena anak memang belajar bersikap dari orangtuanya.

  3. Berat ya menempatkan diri sebagai orang tua.

  4. Bener mbak, yang akhirnya bikin didikan kita gagal ya seringnya karena itu, kita nyuruhnya begini dan begitu, padahal kita sendiri gak ngelakuin…

  5. iya bener bun..anak pasti lihat ortunya sbg contoh, jgn cm suruh doang, tp harus memberi contoh juga.

Tinggalkan Balasan

