Persiapan mendapat beasiswa

“Sekolah lagi, Big NO” itulah yang saya katakan setelah menyelesaikan kuliah S1, apalagi ada 2 krucil yang lagi lucu2nya, yang kebayang pastinya “RIWEH” sambil momong 2 anak.

Perjalanan waktu, akhirnya menggerakan hati, pikiran, dan tangan ini mencari beasiswa untuk lanjut S2. hohoho, ada apa gerangan sampe luluh hati ini, yang pasti ada udang dibalik terigu, eh itu mah bakwan hehe.

Untuk lanjut kuliah S2, setelah mencari informasi total biayanya di universitas yang dituju sepertinya kalo biaya sendiri, ga kuat dah, akhirnya dicoba deh cari-cari beasiswa. Dari 3x apply beasiswa, yang ke 3, alhamdulillah keterima.

Alasan beasiswa 1 di tolak : sepertinya karena proposal penelitian ( masih belum pandai menulis tulisan ilmiah)

Alasan beasiswa 2 di tolak : dari 1 lembaga hanya diperuntukan untuk 1 orang ( yah belum rizkinya sepertinya)

Yang jadi bikin GALAU itu, universitas yang dituju sudah keterima, dah dapat LOA, eh BEASISWA ga dapat, hiks. GALAU antara lanjut terus dengan biaya sendiri atau menggugurkan niat kuliah.

Temen pun memberi masukan yang beragam :
Temen 1 : Kesempatan tidak akan datang 2x, dan bisa jadi persyaratan untuk masuk bisa jadi standarnya lebih tinggi lagi, ayo ambil aja

Temen 2 : Sayang pake uang sendiri, nanti aja taun depan.

Akhirnya saya juga yang harus memutuskan, setelah diskusi dengan suami dengan wajah memelas hehe, dan istikhoroh, akhirnya lanjut dengan biaya sendiri, dengan harapan setelah masuk bisa sambil mencari beasiswa.

Dari pengalaman diatas, saya mau berbagi bagaimana persiapan untuk mendapatkan beasiswa yaitu :
1. Ada yang mensyaratkan harus PNS seperti RISTEK, Depkominfo, dll
Ada juga yang syaratnya harus dosen seperti DIKTI, dll
Ada juga terbuka untuk umum : Beasiswa unggulan KEMENDIKNAS, dll
( kalo ada yang mau menambahkan silahkan)
2. Surat rekomendasi boleh dari atasan, dosen
3. Membuat proposal penelitian
4. Nilai Toefl ITP minimal 500
5. Nilai TPA (tes potensi akademik) minimal 500
6. IPK 3,2 ke atas ( beda-beda untuk tiap instansi pemberi beasiswa)
7. Letter of Acceptance (LOA) / surat sudah diterima di universitas yang dituju.
8. Melampirkan daftar pulikasi/makalah ( tergantung instansi pemberi beasiswa)
9. Mempunyai prestasi dan sertifikat (tergantung instansi pemberi beasiswa)
10. Silahkan menambahkan kalo saja ada yang terlewat

Semoga bermanfaat ^_*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s