Blue Screen of Death ( BSOD)

Beberapa minggu yang lalu, sedang anteng2nya nulis di word, pas giliran nge-save, komputer mendadak nge-hang dan muncul deh Blue Screen, atau dikenal dengan Blue Screen of Death (BSOD)



KERNEL_STACK_INPAGE_ERROR atau Stop 0×00000077

Setelah googling, ternyata Pesan diatas ini mengindikasikan bahwa sebuah page data kernel yang diminta dari file paging (virtual memori) tidak dapat ditemukan atau tidak dapat dibaca di memori. Pesan Stop ini juga menunjukkan kerusakan hardware disk, data disk yang corrupt, atau kemungkinan infeksi virus.

Pesan Stop 0×00000077 dapat disebabkan oleh bad sector di paging file dari memori virtual atau kerusakan disk controller. Dalam kasus yang sangat langka, resource nonpaged pool yang terkurangi dapat menyebabkan error ini. Jika parameter pertama dan ketiga adalah 0 (nol), signature stack di stack kernel hilang, yang biasanya disebabkan oleh hardware yang rusak. Jika status I/O adalah 0xC0000185 dan file paging ada pada disk SCSI, coba cek kabel-kabelnya. Kode status I/O 0xC000009C atau 0xC000016A mengindikasikan bahwa data yang diminta tidak dapat ditemukan. Anda bisa mencoba memperbaiki hal ini dengan me-restart komputer. Jika masalah dengan integritas disk tetap muncul, Autchk, program yang akan menandai bad disk sector sebagai bagian rusak sehingga tidak akan digunakan kemudian, akan berjalan otomatis. Jika Autochk gagal untuk berjalan, Anda bisa melakukan cek integritas disk secara manual dengan mengikuti instruksi untuk menjalankan Chkdsk yang telah dijelaskan sebelumnya pada bagian “Stop 0×00000024 atau NTFS_FILE_SYSTEM”.

Cara Sederhana Mengetahui Bad Sector Hard Disk
Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah hard disk kita ada bad sectornya atau tidak, bisa menggunakan perintah dos CHKDSK.

Lakukan cara berikut untuk mengetahui keadaan hard disk anda.
Dari Windows, klik menu Start – All Programs – Accessories – Command Prompt atau bisa juga dengan cara Klik Menu Start – Run, kemudian ketik CMD dan Enter. Kedua perintah di atas untuk mengarah kita kepada window atau jendela COMMAND PROMPT.

Dari Command Prompt ketik perintah CHKDSK (perintah boleh menggunakan huruf kecil atau besar sama saja) kemudian Enter, perintah ini untuk mengetahui atau cek hard disk di drive C. Perhatikan gambar di bawah ini.

Hasil dari perintah yang telah diberikan di atas antara lain seperti terlihat dalam gambar berikut ini :

Dari gambar di atas menyampaikan informasi berupa :
1.Total Disk Space, menyatakan besaran kapasitas maksimum dari hard disk
2. n Hiden Files (n menyatakan nilai tertentu), menyatakan besaran kapasaitas yang digunakan oleh file-file yang tersembunyi (file yang tersembunyi ini biasanya adalah file-file sistem operasi)
3. n Folders, menyatakan jumlah folder yang berada dalam satu drive
4. n Files, menyatakan n/Jumlah file yang berada di dalam satu drive
5. Bad Sector, menyatakan jumlah bytes yang terkena bad sector dalam satu drive (jika 0(nol) bytes berarti hard disk anda adalah Sehat dan bilah lebih besar dari 0 (nol) maka hard disk anda sudah ada Bad Sector-nya jadi waspadalah karena dengan adanya bad sector kemungkinan terjadi kerusakan data dapat terjadi kapan saja)
6. Available, menyatakan kapasitas hard disk dalam satu drive yang masih bisa digunakan untuk menyimpan data.

Dari Hasil CHKDSK, ternyata hardisk saya terkena bad sector, setelah googling sebetulnya banyak cara untuk menangani bad sector, tetapi karena kebetulan sudah mengajukan hardisk dengan kapasitas 160 GB, saya ganti tuh hardisk, file-file lama di backup dan saya melakukan install ulang windowsnya.

Apa penyebab Bad Sector Hardisk
Secara umum kerusakan hardisk di istilahkan dengan bad sector, dimana bis dibedakan menjadi dua yaitu kerusakan hardisk (bad sector) secara fisik dan bad sector secara software. Penyebab utama bad sector fisik adalah adanya gangguan langsung ke hardisk secara langsung, misalnya guncangan, benturan. Untuk bad sector secara software adalah kondisi di sebabkan diluar dari kejadan fisikal tadi, misalnya gangguan listrik pada saat hardisk sedang bekerja, atau kebiasaan me nonaktifkan tanpa shotdown.

Referensi :
http://www.adjeblog.com
http://thedelss.wordpress.com
Chapila.com

17 responses to “Blue Screen of Death ( BSOD)

  1. Saya sering serupa terkena BSOD, bener2 membuat saya kesal sekali

  2. apa kabar sobat?makin ok aja blognya ga kaya punyaku hiks…ditinggal brapa lama jadi ga kerawat, ga silaturahmi jga…
    aku butuh banget nih infonya tapi…begitu baca otak ku ngehank ga ngerti hahahahaha…kacau nih

  3. huaa kmren saya jg ngalamin ini😦
    makasih infonya yaa

  4. Layar saya juga sering kek gitu, Mbak…
    Tapi gak berani saya utak-atik😦

  5. NAh, ini dia nih, dulu sempat menyerang laptop lama saya.😐
    Bingung, dulu saya gak kepikiran untuk tanya om google, masih cupu saya.😆 Install ulang aja langsung.

  6. saya juga mengalami hal ini pas listrik mati tiba-tiba, terpaksa deh masuk bengkel

  7. aku manggil tetangga ja .. heheh biz gak ngerti n takut tambah ancurrr ..

    salam 🙂

  8. saya paling takut kalau sudah berurusan sama yg namanya command prompt😦

  9. infonya top nih untuk ibu2 yang mengalami hal serupa. kalau terpaksa aku bisa tapi kalau malas nunggu suami aja hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s