Pilihlah Aku Jadi Istrimu

Aku hanya ingin bertanya. Bisakah kaujelaskan kepadaku apa itu cinta ? Apakah kekaguman-kekagumanku terhadap lawan jenis bisa didefinisikan bahwa aku telah jatuh cinta?

Rama. Muhammad Ramadhan, lengkapnya, 26 tahun. Mahasiswa FISIP UI tingkat akhir, bekerja sebagai manajer promosi EO, seorang aktivis dakwah tulen, bisa dibilang Rama itu sosok yang mendekati ideal. Latar belakang keluarganya yang bercerai, membuatnya bertekad menemukan cinta sejati, sampai akhirnya dia memutuskan menyeleksi calon istrinya sendiri. Di tengah pencariannya mencari cinta sejati, Rama dihadapkan pada empat sosok akhwat yang masing-masing memiliki karakter yang berbeda-beda, yang sedikitnya telah membuat Rama terkagum-kagum.

Jihan, mahasiswa Fakultas Ekonomi yang sedang skripsi, digambarkan penulis sebagai seseorang yang cantik, lembut, mantan ketua keputrian FE, guru TPA, dia memenuhi seluruh kriteria calon istri yang disebutkan Rasulullah. Hal itu yang membuat Rama ingin menyelidikinya lebih jauh. Di sisi yang lain, Jihan pun sedang kebingungan, kedua orang tuanya bermaksud menjodohkannya. Kabar itupun sampai kepada Rama, yang membuatnya segera mengajukan proposal kepada Jihan. Proposal menikah Rama membuat Ragu Jihan, idealismenya dalam pernikahan membuat ia ingin menikah dengan ikhwan yang tidak ia cintai sebelumnya dan ikhwan itu pun tidak menikahinya karena mencintainya. Satu-satunya cinta yang melandasi pernikahan mereka adalah cinta kepada Allah.

Sementara menunggu jawaban dari Jihan, Rama dibuat terkesan oleh kebersahajaan dan keteguhan seorang Ayna dalam memegang prinsip dan hal itu membuatnya tertarik menyelidikinya lebih jauh. Ayna Berlian, seorang akhwat dari desa terpencil di Semarang, mahasiswa PBUD semester tujuh, kuliah dengan biaya beasiswa, dan bekerja sebagai guru privat untuk membiayai hidupnya dan adik-adiknya di kampung. Raut tegas Ayna, berubah sendu, ibunya meminta Ayna cepat-cepat menikah. Perubahan tersebut membuat Rama betanya-tanya dan tidak berdiam diri, ia mencari cara untuk mendekatinya, sampai akhirnya ia mengajukan proposal ta’aruf kepada Ayna.

Mayla yang cuek, dan bergerak enerjik terlihat begitu menarik di mata Rama, dan membuat Rama diam-diam menyelidikinya. Mayla, mahasiswa semester lima FISIP, seorang yang cerdas dan keras, ia terlibat di seksi kesenian ROHIS. Teater, Nasyid,  menjadi tanggungjawabnya. Keterlibatannya dalam teater, membuat Rama meminta bantuannya mencarikan guru teater. Hal itu membuatnya makin dekat dengan Rama. Mayla mulai merasakan sesuatu yang selama ini belum pernah memasuki hatinya; cinta.

Terakhir, Fia. Saffiya Nashya Putri lengkapnya. Mahasiswa D3 jurusan Broadcast semester dua, mantan vokalis grup band yang memutuskan hijrah secara kaffah menjadi seorang muslimah, lincah, manja, penyiar radio As-salam. Perkenalan Fia dan Rama di radio As-salam, membuat Fia gelisah. Fia pun melihat kesempatan untuk berdekatan dengan Rama dengan meminta bantuan Rama mencarikan tim nasyid untuk konser nasyid pekan muharram di kampusnya. Semakin lama berinteraksi dengan Rama, membuat Fia bener-bener jatuh cinta.

Lalu,  kepada siapakah akhirnya pinangan Rama berlabuh?  Jihan yang lembut, Ayna yang tegas, Mayla yang keras, atau saffiya yang manja ?

Dari judulnya saja telah membuat para pembaca bertanya-tanya dan membuat penasaran ingin terus membacanya. Masing-masing karakter telah digambarkan secara kuat oleh Penulis, sehingga terlihat keunikan masing-masing karakter. Dalam novel ini, banyak istilah-istilah yang biasanya dikenal dalam lingkungan aktivis dakwah, dan ada bagian yang menggunakan bahasa daerah (jawa), sebaiknya dibuatkan glossary (daftar kata-kata sukar) . Dalam novel ini banyak hikmah yang bisa diambil dan mengetahui bagaimana lika likunya seorang ikhwan mencari cinta.

Judul Buku                  : PILIHLAH AKU JADI ISTRIMU
Penulis                         : Leyla Hana & Dhinny El Fazila
Penerbit                       : LeutikaPrio
Tebal Buku                   : viii + 238 hal.; 13 x 19 cm
Cetakan                       : 1,  Januari 2011

Catatan ini diikutsertakan dalam Lomba Review Novel ” Pilihlah Aku Jadi Istrimu”

Link Lomba : http://www.facebook.com/note.php?note_id=498490077308

22 responses to “Pilihlah Aku Jadi Istrimu

  1. Keren banget teh nge-review-nya.. Aku jadi penasaran sama novelnya nich

  2. pengen baca jadinya,,

    semoga sukses lombanya y mbak ..🙂

  3. Aduuh kayaknya novelnya baguus, atau kekuatan yang ngereview yang bikin novelnya keliatan lebih bagus lagi??🙂

    Pinjem dong, Teh… Hihihi…

  4. Walah jadi makin jiper saya… Banyak sekali akhwat-akhwat luar biasa bertebaran di muka bumi ini…😉

    Jadi, Pilihlah -segera- Dia Jadi Istrimu…

    Nice review Mba’🙂

  5. jadi penasaran gini..
    sukses yah ma lombanya..

  6. Waahhh.. pingin ikutan. Tapi harus beli bukunya dulu niiihhhh.. PInjemin donk.. qiqiqiqi

  7. hihihi… ceritanya menarik nih…😀
    Semoga ntar nemu di toko buku…🙂
    Semoga sukses dengan lombanya ya, Mbak🙂

  8. novelnya sepertinya keren..sarat makna..
    duh, boleh minjem nggak nih?. hahaha
    #nggak modal mode on

  9. ada bocorannya ga nih bun siapa yg bakal dipilih?🙂

  10. Aaaaaaaah saya suka kalo cerita yang membuat orang penasaran dengan akhirnya.😀 Makasih atas resensinya!:mrgreen:

  11. Bener-benar jadi penasaran bun…siapakah yg akan menjadi istrinya.

  12. jadi kabita baca novelnya, boleh pinjem ? hehe ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s