Posting Otomatis Dari blog ke Facebook Page (part 1)

Saya mempunyai account facebook, tapi ga terlalu sering make, ga terlalu suka masang status😀 . Sampe akhirnya saya membaca literatur tentang facebook page.

Facebook Page adalah fasilitas gratisan (duh senangnya!) yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh member Facebook untuk secara khusus mempromosikan bisnis, produk, group musik, website, dan lain-lain sebagainya. Bahkan jika anda narcis dan merasa banyak penggemar, sobat bisa membuat Fan Page untuk mempopulerkan diri anda sendiri!

Aha, tiba2 ada gambar listrik muncul dari kepala, tringg😀, boleh juga tuh facebook page, saya keidean untuk membuat faccebook page dan memposting tulisan blog “Bundadanaku” sekaligus “Bundadanaku fan page” kali aja ada yang suka bacanya hehe dan juga bisa sambil Bisnis jualan juga (teutep otak bisnisnya jalan hihi)

Anda mungkin akan bertanya : ngapain posting di facebook page, di wall aja langsung, kan itung-itung update status

Pertama. Account sobat beresiko untuk di-suspend karena dianggap NYEPAM. Tidak semua orang tertarik untuk mengetahui apa yang sobat jual dan mengenai apa blog anda.

Kedua. Account personal memiliki batasan jumlah teman, maksimal hanya 5000 orang.

Dengan memiliki Facebook Page, akun FB kita terlindung dari kemungkinan di-suspend, karena kita telah memisahkan jalur jualan dengan pribadi. Hanya mereka yang telah tergabung sebagai “Fan” akan melihat status penawaran bisnis kita atau postingan blog kita.

Dan enaknya lagi, tidak ada batasan jumlah “Fan” (=penggemar/follower).

Dengan demikian kita bisa berbisnis sambil berteman dan tulisan kita bisa jadi bermanfaat buat orang lain.

Twitter Feed

Anda seorang yang suka GRATISAN, Twitter Feed juga GRATIS senengnya😉 .

Yang akan dilakukan oleh Twitterfeed adalah mengecek feed blog kita secara periodik. Dan bila ia menemukan artikel baru, maka ia akan meneruskannya ke akun Facebook kita. Dan merekam jumlah klik yang kita dapat.

Sebenarnya layanan Twitterfeed bukan hanya Facebook, tetapi juga Twitter (Pastilah. Namanya aja sudah Twitterfeed!), Ping.fm, Laconica, dan Hellotxt.

Tetapi sebelum meluncur ke TKP, pastikan anda telah membuat Page untuk apapun yang ingin anda promosikan.

Yuk Mari Kita Mulai :
1. Buka web twitterfeed dan daftar. GA ribet kok, cekidot

2. Membuat feed pertama kita. Setelah login dan masuk di Dashboard (Member Area), di sebelah kanan, kita akan melihat tombol “Create Feed”.

maka akan ditampilkan layar form yang meminta kita untuk memberikan nama pada feed tersebut (Feed Name:). Beri nama apa saja yang penting kita akan bisa membedakannya dari feed yang lain. Dibawahnya kita diminta memasukan url dari feed yang akan kita arahkan ke Facebook (RSS Feed URL:). Jika blog sobat berplatform WP, maka url feednya adalah http://www.bloganda.com/feed/, jika platformnya BlogSpot, maka urlnya http://bloganda.blogspot.com/atom.xml.

Sebelum lanjut ke langkah berikut, klik tombol “test rss feed” untuk memastikan bahwa feed blog kita bisa dibaca oleh Twitterfeed. Jika OK, maka akan tampil tanda centang hijau di bagian bawah form. Setelah itu kita klik tombol “Continue to Step 2″.

3. Memilih Layanan. Pada halaman selanjutnya klik pada “Facebook”. Di halaman berikutnya klik tombol “Connect with Facebook”.

Twitterfeed akan meminta anda memasukan email dan password yang kita gunakan untuk mengakses FB. Jika tidak ada hambatan maka dibawah tombol “Connect with Facebook” akan ditampilkan “Facebook Pages” dan dibawahnya ada drop-down menu yang didalamnya berisikan Facebook Page yang telah kita buat. Kita klik dan pilih salah satu Facebook Page yang akan menerima posting status dari feed blog kita. Jika tidak ingin diasosiasikan dengan Facebook Page manapun, pilih “No Page. Publish to my wall”. Akan tampil pop-up dari Facebook yang akan meminta kita untuk menyetujui “Request for Special Permissions”. Klik tombol di bagian bawah bernama “Allow Publishing”. Kemudian klik tombol “Create Service”.

Kita bisa memilih untuk menggunakan layanan lainnya jika kita mau. Jika tidak, kita bisa mengakhiri semua proses dengan mengklik tombol “All Done!”.

Twitterfeed akan memberikan selamat kepada kita karena telah berhasil mengatur sebuah feed baru. Klik tombol “Go to Dashboard”.

4. Tra la la, hasilnya seperti disamping kanan web ini atau http://www.facebook.com/pages/Bunda-dan-aku-Blog/1863690547287835.

5. Kalau Suka Tulisan Ini, Silahkan di Like facebook page nya ya😉

Referensi : disini

34 responses to “Posting Otomatis Dari blog ke Facebook Page (part 1)

  1. kok saya ga bisa yaa ?

  2. Ping-balik: Posting otomatis blog ke facebook page (part 2) | Bunda dan Aku

  3. Update: gara2 Facebook Page berubah jadi timeline, posting blog pake twitterfeed kok jadi ga bisa, blum nemu solusinya walopun dah baca2 di situs twitterfeed, akhirnya pindah dulu ke dlvr.it, bisa.

  4. makasih ya bunda, selama ini update blog http://usahadi-rumah.com langsung ke wall bukan ke page, berkat info bunda sy jadi lebih ngerti
    salam kenal

  5. makasih bunda, ternyata aku udah punya akun tweeterfeed tp ga tau makenya …hihi

    salam kenal ya

  6. makasih sumabangsih ilmunya,

  7. Thank you bunda atas info nya

    Habis nyobain ternyata berhasil

    meskipun saya ga punya fans minimal buat narsisan dikit lah wkwkwk

  8. Salam kenal bunda, makasih ya infonya, tapi kenapa kok ga keluar di wall page? tapi di wall personal ya bun?

  9. Ini info yg q cari.sip dh.biasanya q repost di FP. Q save dl nanti q coba.mdh2n lancar

  10. maksih infonya bun… mungkin lain kali aku coba.. soal nya masih betulin blog aku yg masih belum tersusun rapi..salam kenal

  11. okey sobat bisa dicoba nich hehehehehhehe….

    salam PERSAHABATAN dari MENONE

  12. kalo dhe mah gk mau mencampur adukkan antara FB dengan blog bunda, soalnya beda dunia.. hahahaha..

    bunda nih template baru yaaa, dhe baru mampir lagi soalnya.. hehe

  13. iya betul bun, saya juga sudah pakai pasilitas itu..🙂 tapi saya belum bikin FAN PAGE (karna gak yakin ada yang ngefans.. haha)..
    😀

  14. thanks infonya bun..
    segera menguntit dibelakang,, hehehe…

  15. wahhh asli… saya baru saja me-redirect dan melakukan ini semua.. hehehe.. maklum masih nyubi😦

  16. udah ngerti bunda..ternyata sama dg copy blog yg muncuk di fb yah..ya ya..ngerti skr🙂

  17. bunda, aku udah langsung coba bikin FB Page tapi kok masuknya ke personal terus ya? minta caranya dong bunda..yg kaya twitter feed nya itu loh😀 *ngarep banget.com😀
    thanks bunda

  18. smp skr ak masih sungkan bisnis di fb personal kynyanya kurang sreg jd di web pribadi aja, tp kl yg ini boleh juga bunda😉 aku mau coba juga ahhh..thx infonya

  19. tx for infonya

  20. siap aku like bun🙂

  21. Oh ya Dina…

    Hadir lagi untuk memaklumi bahawa blog Dina sudah bunda tautkan di ruang Dunia Sahabat, berikut:

    http://webctfatimah.wordpress.com/dunia-sahabat/

    Mohon dibuat semakan untuk masukan nama yang diperkenankan. Sila maklumi jika terdapat perubahan yang harus dilakukan. Semoga jalinan silaturahmi akan selalu baik dan menyenangkan.

    Terima kasih.😀

  22. Assalaamu’alaikum Wr. Wb mbak Dina. Thea…

    Wah, makin maju sekali langkahnya Dina ini. Silakan berjuang untuk kemenjadian diri agar lebih sukses dan memperolehi kegembiraan dalam beraktivitas terutama dalam penulisan. Bunda senang membaca acara penulisan yang sedang dilakukan oleh Dina. Manfaatkan kalau bermanfaat.

    Maaf ya, bunda baru hadir menyapa. Sudah ketahuan sibuknya nih.😀 Bunda doakan Dina berjaya dlam bisnis juga ya.
    Ada bisnis apa yang Dina buat ini ?

    Salam sayang dari bunda.

  23. Boleh dicoba juga. Thank you infonya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s