Story Telling

Malam itu terdengar derai tawa malaikat2 kecil bunda di ruangan kecil itu, Amira dan Ayu, mereka tertawa, mereka lompat-lompat, mereka berguling-guling, mereka bergerak dan terus bergerak. Di ruangan kecil itu mereka sedang mendengarkan Bunda bercerita. ” Bahan2nya apa saja bun?” Amira bertanya kepada Bunda.

Amira terbiasa dengan kata Bahan2, karena sering membuat prakarya. Bahan2 yang ditanyakan Amira adalah perangkat untuk bercerita.

” Pesawat aja Nak, tolong ambilkan ya”.

Mereka bersiap2 dalam posisinya, mereka terlihat antusias. Dalam bercerita, Bunda tidak tergantung buku, atau cerita2 yang sudah ada, kadang Bunda mengarang cerita sendiri, yang didalamnya Bunda coba selipkah pelajaran. Malam itu ceritanya ada hubungannya dengan pesawat.

“Suatu hari pesawat terbang tinggi ke langit, Oon pun berdoa terlebih dahulu sebelum berangkat ( Untuk memulai suatu pekerjaan, ucapkan doa terlebih dahulu). Subhanallah, begitu ucap Oon ketika melihat kebawah, dilihatnya rumah, sawah, binatang sedemikian kecil. ( Kalo melihat sesuatu yang Indah, bacalah Subhanallah, atau Allahu Akbar) Tiba2 angin kencang berhembus ( Bunda menggerakan pesawat kekanan ke kiri) dan dari kejauhan terlihat pegunungan ( Amira dan Ayu yang sedang duduk adalah pegunungannya) . Wahh, ada pegunungan ( suara Bunda menggambarkan kekhawatiran) , pesawat terhempas oleh angin kencang dannnn pesawat itu menabrak pegunungan ( Bunda menggerakan pesawat ke arah Amira dan Ayu sebagai gunungnya) ( Amira dan Ayu langsung deh ketawa2). Tidakkkkk, pesawat itu hancur berkeping2, dan Oon pun akhirnya meninggal. Kalau ada yang meninggal harus baca Innalillahi wa innalillahi rajiun. ”

Amira langsung berdiri ” ceritanya sudah belum bun, sekarang giliran Mba cerita “, kemudian Amira menceritakan kembali ceritanya dengan kata2nya ” Ada pesawat , terus lihat rumah, ” wah lihat rumahnya kecil sekali”, terus ada angin ( AMira menggerakan pesawtnya), terus nabrak gunung hancurr dehhh…. Hahaha suara Amira kembali terdengar, Amira terlihat senang sudah bisa bercerita, Lain Amira Lain Ayu, Ayu cuma mengulang akhir2 kata Amira, wat, tuhh, currr , kemudian Ayu sama2 ketawa dengan Amira. Senengnya melihat keceriaan mereka.

Story Telling, kegiatan bercerita ini membuat para orang tua bisa lebih akrab bersama si kecil, menyelipkan nilai2 yang mendidik, menggali pemikiran si kecil, menambah perbendaharaan kata si kecil.

Selain cerita bebas seperti diatas, Amira sudah Bunda biasakan untuk bercerita apa saja yang dilakukannya ketika Bunda bekeja.

” Mba, ayo ceritain hari ini apa saja yang Mba kerjakan”.

AMira pun berdiri dan bersiap diri

” Mba tadi mandi, terus makan, terus main kapur, gambar-gambar, udah gitu bobo siang deh, eh iya tadi Ayu nangis, terus pipisnya dimana aja, ga dikamar mandi , iya gitu aja bun”, terus makannya pake apa ” Makannya pake sayur, ikan”.

Nie dia foto AMira dan AYu sedang bercerita:

Gimana, sudah bercerita kah temen2 sekalian hari ini?

19 responses to “Story Telling

  1. Wah…seru banget Bunda bercerita kepada Amira dan Ayu, sampai anak2 tergelak2. Memang sangat banyak manfaat story telling kepada anak-anak ya bun. Salam buat 2 bidadarinya🙂

  2. Kalo aku dulu waktu Olive masih kecil suka bercerita,..
    sekarang Olivenya sudah besar 8 tahun,ceritanya mulai lain..
    Hmm..agak2 mulai dewasa dikit,bisa di bilang curhat sekarang bukan cerita lagi hehe..

  3. Hai..maaf baru berkunjung lagi ..
    Hmm senengnya yang bercerita,..
    Iih Amiranya lucu banget..!!
    Boleh di pinjem ga pesawatnya..

  4. mbak mbak
    tapi itu story tellingnya pada kecelakaan semua
    hehehhe
    klo saya ntar bikin cerita yang happy ending
    hehehe
    btw
    thx ya mbak sudah mampir😀

  5. Hebat banget Din, mengajak anak bercerita dan menanyakan kegiatan mereka sehari-hari, membuat mereka terbiasa buat terbuka pada orang tua.
    Senengnya Amira dan Ayu punya bunda seperti Dina…😀

  6. Subhanallah…
    Biasanya anak yang selalu diajak bicara oleh orang tuanya, bakalan lebih ceriwis dan mudah mengungkapkan perasaannya, apalagi bercerita😀
    Saya jadi ingat anak salah seorang teman saya, 3 tahun lebih, yang ‘suka pamer’ kegiatan yang dilakukannya😀

  7. Wah seru dan kreatif bgt bun, pasti anak2 pada seneng bgt deh, pelajaranpun gampang masuknya,,🙂

    nanti kalo baby diperutku dah nongol, bakal rajin2 kuceritain yang seru2 juga ah..🙂

    salam sayang buat 2 bidadari kecil yang pinter2 ya bun…🙂

  8. asyik sekali yaa…
    selain mendekatkan orang tua dengan anak, story telling juga bikin anak terlatih untuk bicara yaa…mengungkapkan imajinasinya….

  9. Assalaamu’alaikum mbak Dina.Thea…

    Alhamdulillah, kembali menyapa dalam kesibukan. Senang menjadi ibu yang selalu riang dengan anak2 sebagai penghibur hati. Ibu selalu mahu membuat anak2 merasa bahagia dengan cerita dan layanan mereka.

    bunda senang kok mengetahui aktivitas indah Dina bersama malaikat2 kecil yang cantik dan hebat itu. semoga mereka membesar dengan kehebatan cerita dari ibunya. Semoga kita selalu jadi ibu yang hebat buat anak2 kita ya, Dina.

    Salam sayang dari bunda di Sarikei, Sarawak.😀

  10. salam kenal ya mbak😀

  11. waduh kreatif sekali bun, bqn cerita setiap malem🙂

  12. hi hi…kadang critanya pendek2 ajah bunda…

  13. Allisa Yustica Krones

    Bercerita memang sll sangat baik untuk anak-anak ya bun… Saya juga selalu menyediakan waktu untuk bercerita ke Raja…

    Salam buat Amira dan Ayu ya mbak…mereka riang banget keliatannya😀

  14. Insya Allah selalu bercerita bun. amira riang sekali ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s