Science Games For Kids

Anak2 sekarang pastinya sudah mengenal dengan namanya game komputer. Jenis game pun bermacam2, dari mulai perang2an, maen bola, boneka2an,dll. Apalagi kalo orang tuanya mengenal yang namanya Internet, game buat anak2 bertebaran dimana2, tinggal orang tuanya pintar2 memilih gamesnya dan tinggal download saja. Amira pun Bunda perkenalkan dengan namanya game komputer ini seperti merias boneka, mendadani Boneka, menata rumah boneka, puzzle, masak2an, melukis, dll. Pilihlah game yang bisa menstimulasi otak anak, kreatifitas anak, dan juga wawasan anak. Adakalanya Bunda miris melihat anak2 diperkenalkan game perang2an, pukul2an, yang berbau kekerasan, terutama buat anak laki2, emang sih seru, tapi pastinya adegan pembunuhan, pemukulan sedikitnya sudah tertanam dalam pikiran mereka. Jadi Pemilihan game tetap harus diarahkan oleh orangtuanya.

Sekarang ini Bunda sedang mencarikan pembelajaran buat Amira, hal2 yang berbau eksperimen, seperti membuat gunung meletus, membuat roket air, dll, karena Bunda amati Amira sangat antusias ketika Bunda membuat mainan bikinan sendiri atau prakarya. Setelah googling di Internet, Bunda menemukan web yang bener2 bagus, ekperiment for kids, wah seru pokonya, tinggal praktek bagaimana membuat gunung meletus, dan ternyata di web tersebut ada gamenya juga, wah gamenya pun mendidik sekali, anak2 diperkenalkan tentang rantai2 makanan, bagaimana pohon tumbuh, tentang energi listrik, dll. Salah satu Science games for kids yaitu tentang rantai makanan ( Food Chains) . Untuk memainkan games ini Bunda harus mencontohkan terlebih dahulu dan menerangkan pelajaran di dalamnya, jadinya Bunda harus mengingat kembali pelajaran ketika sekolah. SERU BUKAN  ^_^  . Setelah dicontohkan sekali, Amira langsung bisa menjalankannnya, sambil bunda menerangkan arti dari gambar2 tersebut, bunda tidak terlalu berharap Amira mengerti yang Bunda terangkan, tapi setidaknya Amira  sudah diberi pelajaran, dan bunda yakin anak2 sekarang cepat belajarnya dan sedikitnya sudah disimpan dimemorinya.

Cara memainkannya :

1.  Di game tersebut, anak2 diperkenalkan dengan namanya mahluk hidup yang terdiri dari hewan dan tumbuhan. Arahkan mouse ke masing-masing hewan dan tumbuhan. Jumlahnya ada 8 sesuai dengan kotak yang telah disediakan.

2. Setelah masing2 hewan dan tumbuhan tampil dikotak, terlihat di samping kotak terdapat kaca pembesar, kalo kita klik akan muncul deskripsi dari masing2 hewan dan tumbuhan.

 

3.  Deskripsi salah satu hewan : siput. Anak-anak jadi tau nama hewan, dimana tinggalnya, makannya apa, dan  apa yang memakannya.

4.  Klik tombol sorter 1 dibagian bawah, anak2 diminta untuk melengkapi rantai makanan yang berupa kotak dan tanda panah menunjukan siapa yang akan dimakan dan siapa yang akan memakan.

5.  Rantai makanan pun selesai dibuat.

sumber : http://www.sciencekids.co.nz/gamesactivities/foodchains.html

19 responses to “Science Games For Kids

  1. kalau gurunya kratif, anak jd seneng blajarnya..
    salam kenal bun….

  2. waaah amira senang yaaaa…. moga jiwa ilmiah nya bisa terasah nantinya ya bund… thanks infonyaa

  3. game yang bagus..maen game juga harus didampingin skarang mah..soalnya game juga kadang banyak yang bertemakan kekerasan dan seksualitas ngeriii

  4. Jenis permainan yang kreatif dan edukatif harus dikembangkan dengan bimbingan para ortu.
    Selamat bermain dan belajar bersama ananda tercinta…

  5. Game yang menarik sis, tapi sayang putra saya masih kecil… Semoga website tersebut bisa bertahan lama sehingga nantinya bisa jadi bahan pelajaran buat si Kevin

  6. Ping-balik: Cara menyimpan Flash Game Online | Bunda dan Aku

  7. wach wach,keren sangat tu game…
    thx 4 share ya ka..
    lamz knal..

  8. Bunda Amira yang pintar…moga aja Amira tumbuh menjadi anak yang pintar dan jenius…

  9. wah2 , mau kasih tau anak2 dirmh juga dech, makasih infona bunda

  10. Sedari kecil udah belajar dengan cara yang menyenangkan…
    Gede pasti jadi orang yang pinter buanget tuh… Amin

    Salam sayang dari BURUNG HANTU… Cuit… Cuit… Cuit…

  11. keren ya gamenya ,nanti aku coba main sama pascal deh.tunggu laporannya ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s