Tipe Belajar Manusia

Dalam Hidup ini, pasti yang namanya “BELAJAR” akan terus dilakukan sampe liang lahat.  Dalam proses ” BELAJAR” ini ada orangyang mudah menerima informasi baru dengan mendengarkan langsung dari sumbernya, ada juga yang cukup dengan tulisan dan ada juga yang harus didemonstrasikan aktivitasnya. Hal tersebut menunjukkan adanya tiga tipe belajar pada manusia yaitu tipe visual, tipe auditorik dan tipe kinestetik. Termasuk yang manakah anda?

Tipe Visual. Mereka dengan tipe ini lebih menyukai belajar ataupun menerima informasi dengan melihat atau membaca. Bila berkomentar demikian; Hal itu bisa saya lihat sekarang. Saya ingin mengetahui gambaran detailnya. Kelihatannya perbuatan orang itu benar. Saya bisa membayangkan betapa menderitanya anda. Saya harus menyusun dulu skema kerjanya. Adapun ciri-ciri yang lain;
(1) Mudah mengingat apa yang dilihat
(2) Lebih senang membaca sendiri
(3) Dapat membaca cepat
(4) Dapat membayangkan kata-kata
(5) Tidak terganggu oleh suara
(6) Berpenampilan rapi
(7) Menyukai mendemontrasikan daripada menjelaskan
(8) Kebiasaan mencoret-coret
(9) Menyukai seni yang tidak berhubungan dengan musik.

Tipe Auditorik. Mereka cenderung belajar atau menerima informasi dengan mendengarkan atau secara lisan. Biasanya perkataannya; Perkataan orang itu kedengarannya benar. Saya dengar apa yang kamu bilang. Dengarkan saya dulu. Saya dengar anda tidak senang atas perlakuan orang itu. Adapun ciri-ciri yang lain adalah;
(1) Lebih senang belajar dengan cara mendengarkan
(2) Mudah mengingat yang diterangkan daripada melihat
(3) Membaca dengan bersuara
(4) Mudah terganggu oleh suara berisik
(5) Biasanya pembicara ulung
(6) Senang berbicara dan berdiskusi
(7) Lebih menyukai musik.

Tipe Kinestetik. Lebih menyukai belajar atau menerima informasi melalui gerakan atau sentuhan. Biasanya kata-katanya; Rasanya hal itu ada benarnya. Saya kesulitan menangani masalah itu. Coba beri saya contoh konkritnya. Saya masih belum menemukan kepastian. Sepertinya kata-kata orang itu bisa saya pegang. Adapun ciri-ciri yang lain adalah:
(1) Tidak bisa diam saat belajar
(2) Tidak dapat duduk diam dalam jangka waktu yang lama
(3) Mendekati orang yang diajak berbicara
(4) Menggunakan jari sebagai petunjuk
(5) Suka menyentuh orang saat bicara
(6) Sulit mengingat tempat bila belum pernah ke sana
(7) Menyukai bahasa isyarat
(8) Menyukai seni tari.

Selain ketiga tipe tersebut, ada pula yang memiliki tipe gaya belajar gabungan, misalnya yang tipe belajarnya audio visual, audio-kinestetik, visual-kinestetik, atau gabungan ketiganya. Tentu saja, orang yang memiliki gabungan ketiganya semakin mudah dalam menangkap pelajaran.

sumber : disini

12 responses to “Tipe Belajar Manusia

  1. klw aku bun maksuk kmna y?? klw bljar aku sering terganggu dengan keributan, aku menyukai musik, klw menghafal lebih cepat klw mendengarkan orang, tapi aku juga suka nulis, melukis,kaligrafi(seni tulis arab) aku juga suka warna yang mecing…

  2. Ping-balik: Mengenal 3 Gaya Belajar « jendelakreasi.com

  3. gambarnya bagus, sederhana tapi maksudnya dapat!!!

    aku copy ya!!!

  4. Ping-balik: Play and Learn | Bunda dan Aku

  5. kayaknya aku lebih cenderung ke visual…

    hhm… kalo Dija apa yaaa

  6. Lam kenal sebelumnya.Kl aku termasuk yg tipe visual.

  7. qu pilih num 1 aja, cocok bgt ma qu ..

    salam🙂

  8. Aku yang mana ya Bun.
    Auditorik iya, tapi juga suka visual sesekali🙂

  9. sepertinya aku type ke 2

Tinggalkan Balasan

