Amandel Pada Anak

Beberapa hari ini Amira, tiba2 demam, setelah dicek ke dokter, ada indikasi Amandel. Setelah searching di mang google, saya mengumpulkan beberapa informasi mengenai Amandel ini dari berbagai sumber :

Apa Itu Amandel :Amandel adalah suatu bagian dari jaringan limfa yang terletak di kedua sisi bagian belakang tenggorokan. Amandel ini akan mengalami pembesaran atau radang jika terjadi infeksi baik oleh bakteri atau virus. Tapi biasanya amandel tersebut akan kembali ke bentuk semula setelah infeksi berakhir.

Bakteri atau virus tersebut berasal dari orang lain atau dari lingkungan, bisa dari udara yang kemudian masuk ke rongga mulut. Atau bisa juga berasal dari organ tubuh yang berdekatan dengan tonsil, misalnya infeksi hidung, infeksi tenggorok atau infeksi gigi yang merupakan sarang kuman. Risiko terjadinya radang amandel akan mekin besar jika kondisi lingkungan buruk, misalnya udara yang kurang bersih, status gizi anak kurang, atau daya tahan tubuhnya kurang prima.

Berdasar lama terjangkiti, amandel dibedakan menjadi 2; amandel akut dan amandel kronis.

Dikategorikan amandel akut jika penyakit berlangsung kurang dari 3 minggu. Disebut amandel kronis jika terjadi 7 kali atau lebih dalam setahun, atau lima kali selama dua tahun, tiga kali setahun secara berturut-turut.

Gejala Amandel Pada Anak :
1. Sakit tenggorokan lebih dari 48 jam dan biasanya disertai dengan kesulitan menelan.
2. Tenggorokan berwarna merah disertai dengan amandel yang membesar atau bisa juga terlihat titik-titik putih pada daerah amandel.
3. Badan demam yang disertai dengan suhu tinggi.
4. Terlihat adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening di bawah rahang dan di leher.
5. Anak merasakan sakit kepala.
6. Suara anak berubah menjadi serak atau kehilangan suara,
7. Susah untuk menelan sehingga malas makan dan minum
8. susah bernapas, terkadang mengorok ketika tidur
9. Hidung meler dan diare lebih banyak disebabkan oleh virus.
10. mulut berbau, mual, kadang nyeri perut
11. suplai oksigen ke otak kurang, sehingga anak sering mengalami mimpi buruk. Terbangun tengah malam dan menangis. Ini biasanya disebut sleep apnoe.

Dilihat dari gejala diatas, Amira mengalami gejala awalnya demam, setelah dicek dokter, bagian tenggorokannnya berwarna merah, jadi gejala diatas tidak semuanya diborong oleh satu penderita, tapi kebanyakan para orang tua atau penderita akan ke dokter ketika mengalami keluhan demam dan nyeri saat menelan.

Pencegahan Amandel :
1. Berantas sumber infeksi pada organ sekitar tonsil. Misalnya, infeksi hidung, infeksi tenggorok atau infeksi gigi-gigi berlubang merupakan sarang kuman
2. Biasakan anak menjaga kebersihan diri, misalnya cuci tangan sebelum makan, agar kuman-kuman yang menempel di tangan tidak masuk ke mulut
3. Jaga lingkungan balita, misalnya menghindarkan anak dari orang yang sedang jatuh sakit atau menghindari kontak dengan penderita infeksi tanggorokan, setidaknya hingga 24 jam setelah penderita infeksi tenggorokan (yang disebabkan kuman) mendapatkan antibiotika.
4. Menghindari makanan atau minuman apapun yang bisa merangsang iritasi, misalnya makanan atau minuman yang terlalu panas, terlalu dingin ( contoh :Es Krim), asam atau terlalu pedas
5. Hindari makanan dengan pengawet, perasa dan pewarna sintesis, hindari pula permen, coklat dan es.
6. Usahakan untuk berolahraga secara teratur

Mengatasi Amandel :
1.Jika radang amandel disebabkan oleh bakteri (Group A Streptococcus), biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik untuk menghilangkan infeksi tersebut.
2.Jika disebabkan oleh virus (coxsackie virus, adenovirus atau Epstein-Barr virus)maka anak diusahakan untuk banyak minum air putih, mengonsumsi makanan yang lunak serta diberikan obat untuk mengurangi gejala yang ada.
3.Selain perawatan dengan obat-obatan, terkadang anak yang mengalami radang tenggorokan harus menjalani operasi pengangkatan amandel (Tonsillectomy)
4.Diobati dengan cara tradisional

Dirangkum dari berbagai sumber

8 responses to “Amandel Pada Anak

  1. Ping-balik: Anakku sayang, Anakku malang | Bunda dan Aku

  2. aku save postingannya Mbak
    penting banget soalnya

  3. semoga Dija gak kena amandel ya Tante

  4. Mantap nih infonya. Kunjungan siang

    My Blog
    Kumpulan Informasi

  5. semoga cepat sembuh ya Amira

  6. Dapat lagi info bermanfaat….
    Makasih untuk infonya bun..

  7. Info yang bermanffat , thanks infonya ..

  8. thanks info nya bun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s