Apa Itu Alexa

Alexa, dari mana Alexa Rank itu ditentukan dan apa kegunaannya. Untuk menjawab itu semua, hal termudah yang dapat dilakukan adalah dengan membuka website Alexa. Adapun definisi dari Alexa Rank adalah sebagai berikut :

“The traffic rank is based on three months of aggregated historical traffic data from millions of Alexa Toolbar users and data obtained from other, diverse traffic data sources, and is a combined measure of page views and users (reach). As a first step, Alexa computes the reach and number of page views for all sites on the Web on a daily basis. The main Alexa traffic rank is based on a value derived from these two quantities averaged over time (so that the rank of a site reflects both the number of users who visit that site as well as the number of pages on the site viewed by those users). The three-month change is determined by comparing the site’s current rank with its rank from three months ago. For example, on July 1, the three-month change would show the difference between the rank based on traffic during the first quarter of the year and the rank based on traffic during the second quarter.”

Untuk lebih jelasnya mungkin dapat diartikan (versi saya😉 ), Alexa Rank adalah sebuah ranking atau peringkat yang dibuat oleh Alexa berdasarkan jumlah traffic atau pengunjung pada blog, data kunjungan ini dilihat berdasarkan jumlah pengguna internet yang menggunakan toolbar alexa pada browser internet yang mereka gunakan. (bila salah, tolong dibenarkan yaa…. ? )

Perlu diketahui juga, untuk mengetahui peringkat sebuah blog, Alexa Rank berbeda dengan Google Page Rank. Semakin kecil Alexa Rank sebuah blog, maka blog tersebut semakin baik. Berbeda dengan Google Page Rank, semakin besar Google Page Rank sebuah blog, maka blog tersebut semakin baik. Itulah perbedaan Alexa Rank dan Google Page Rank yang sangat jelas sekali.

Alexa Rank ini sangat berguna untuk blog yang diorientasikan untuk mencari uang (berbisnis online). Kenapa? Karena dengan semakin banyak jumlah pengunjung pada sebuah blog, semakin besar pula minat para pemasang iklan untuk memasang iklan pada blog tersebut, atau dengan kata lain, cara mendapatkan $ akan lebih mudah kalau Alexa Rank yang dimiliki mempunyai peringkat yang baik.

Kemudian apa keuntungan untuk blog yang sifatnya pribadi ? Simple saja, Alexa Rank identik dengan banyaknya jumlah pengunjung sebuah blog, dan banyaknya jumlah pengunjung pada sebuah blog akan memberikan semangat dan gengsi tersendiri bagi pemiliknya. Dapat dikatakan pula, semakin baik Alexa Rank sebuah blog, semakin populer juga blog tersebut😉

Akhirnya, setelah kita tahu, dari mana dan apa kegunaan Alexa Rank, langkah selanjutnya adalah bagaimana cara meningkatkan Alexa Rank pada blog kita ?

sumber : disini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s