Kenali Teman Anda

“Permisalan teman duduk yang baik dan teman duduk yang jelek seperti penjual minyak wangi dan pandai besi. (Duduk dengan) penjual minyak wangi bisa jadi ia akan memberimu minyak wanginya, bisa jadi engkau membeli darinya dan bisa jadi engkau akan dapati darinya aroma yang wangi. Sementara (duduk dengan) pandai besi, bisa jadi ia akan membakar pakaianmu dan bisa jadi engkau dapati darinya bau yang tak sedap.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menerangkan bahwa teman dapat memberikan pengaruh negatif ataupun positif sesuai dengan kebaikan atau kejelekannya. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam menyerupakan teman bergaul atau teman duduk yang baik dengan penjual minyak wangi. Bila duduk dengan penjual minyak wangi, engkau akan dapati satu dari tiga perkara sebagaimana tersebut dalam hadits. Paling minimnya engkau dapati darinya bau yang harum yang akan memberi pengaruh pada jiwamu, tubuh dan pakaianmu. Sementara kawan yang jelek diserupakan dengan duduk di dekat pandai besi. Bisa jadi beterbangan percikan apinya hingga membakar pakaianmu, atau paling tidak engkau mencium bau tak sedap darinya yang akan mengenai tubuh dan pakaianmu.

Dampak Teman yang Jelek
Ingatlah, berteman dengan orang yang tidak baik agamanya, akhlak, sifat, dan perilakunya akan memberikan banyak dampak yang jelek. Di antara yang dapat kita sebutkan di sini:

1. Memberikan keraguan pada keyakinan kita yang sudah benar, bahkan dapat memalingkan kita dari kebenaran

Dengarkanlah kisah wafatnya Abu Thalib di atas kekafiran karena pengaruh teman yang buruk. Tersebut dalam hadits Al-Musayyab bin Hazn, ia berkata, “Tatkala Abu Thalib menjelang wafatnya, datanglah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau dapati di sisi pamannya ada Abu Jahl bin Hisyam dan Abdullah bin Abi Umayyah ibnil Mughirah. Berkatalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Wahai pamanku, ucapkanlah Laa ilaaha illallah, kalimat yang dengannya aku akan membelamu di sisi Allah.’ Namun kata dua teman Abu Thalib kepadanya, ‘Apakah engkau benci dengan agama Abdul Muththalib?’ Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam terus menerus meminta pamannya mengucapkan kalimat tauhid. Namun dua teman Abu Thalib terus pula mengulangi ucapan mereka, hingga pada akhirnya Abu Thalib tetap memilih agama nenek moyangnya dan enggan mengucapkan Laa ilaaha illallah. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

2. Teman yang jelek akan mengajak orang yang berteman dengannya agar mau melakukan perbuatan yang haram dan mungkar seperti dirinya.

3. Tabiat manusia, ia akan terpengaruh dengan kebiasaan, akhlak, dan perilaku teman dekatnya.

4. Melihat teman yang buruk akan mengingatkan kepada maksiat sehingga terlintas maksiat dalam benak seseorang. Padahal sebelumnya ia tidak terpikir tentang maksiat tersebut.

5. Teman yang buruk akan menghubungkanmu dengan orang-orang yang jelek, yang akan memudaratkanmu.

6. Teman yang buruk akan menggampangkan maksiat yang engkau lakukan sehingga maksiat itu menjadi remeh/ringan dalam hatimu dan engkau akan menganggap tidak apa-apa mengurangi-ngurangi dalam ketaatan.

7. Karena berteman dengan orang yang jelek, engkau akan terhalang untuk berteman dengan orang-orang yang baik/shalih sehingga terluputkan kebaikan darimu sesuai dengan jauhnya engkau dari mereka.

8. Duduk bersama teman yang jelek tidaklah lepas dari perbuatan haram dan maksiat seperti ghibah, namimah, dusta, melaknat, dan semisalnya. Bagaimana tidak, sementara majelis orang-orang yang jelek umumnya jauh dari dzikrullah, yang mana hal ini akan menjadi penyesalan dan kerugian bagi pelakunya pada hari kiamat nanti.

Demikian… Semoga ini menjadi peringatan!

Sumber : disini

Ngomong2 Soal Teman, Teman saya Mba Heny , walaupun belum bertatap muka, telah berbaik hati memberikan Award ini :

Award ini harus diberikan ke Yang Lain ( Teman kan ga harus dibatasi, sebanyak2nya, tapi supaya Temannya ga sungkan menerima, bagusnya dicantumin, supaya budaya pertemanan ini bisa berlanjut ke yang lain )
1. fitri2boys2
2. renijudhanto
3. Bunda Fisa
4. Bunda Alfis
5. Ibu Dini
6. Denuzz, si burung hantu
7. Masda
8.Untuk teman2 yang belum disebutkan, silahkan bisa diambil juga🙂

Oh ya…. ada tugas tambahan…. saya diminta nge-back link!!! dan rule nya ” masukkan namamu di urutan terbawah dan hapus nama teratas”… N’ here is…

1. fellicia putri
2. audrey
3. ayu Octasihu
4. nami minamoto
5. elsha giovani
6. jeng hana
7. aulia
8. heny
9. Dina

26 responses to “Kenali Teman Anda

  1. bunda dinaa… sudah aku ambil awardnya… trims banget yaaa.. perdana nihh🙂

  2. Saya…ehm, teman yang baik atau jelek ya, Din…?😉
    Jadi mulai introspeksi diri nih😛

  3. pandai membawa diri dan kemana pun kita bergaul hendaknya punya pendirian agar tak mudah terpengaruh pada teman yang kurang baik

  4. Dina memang pantas mendapatkan award ini🙂
    selamat ya Dina………….
    salam

  5. Kita memang patut berhati2 dalam memimilih teman,Sudah banyak bukti termasuk yang telah di paparkan,sejak zaman dulu sampai saat ini,kita terkadang memang identik dengan lingkungan pergaulan kita,lebih dominan Positifnya kah ata Negatifnya……itu tergantug lebih banyak di Medan mana dia bertetapan….salam sahabat

  6. award buat teman ya bunda

  7. semoga temen2 maya-ku baik-baik🙂 *hug-hug*

  8. whaaa…. dah di[pajang Award-nya …🙂
    bunda…. mank bener banget yah… kita tuh kudu pinter2 milih teman… mana yg baik diikuti… tp kl gak baik… ya abaikan saja walau gak harus musuhan… betul gak bun???🙂

  9. Maaf baru datang buat ngambil Awardna, makasih bunda…. postingnya ntar malem yak bunda,,,🙂

  10. ehm … ada ward lagi ya …
    kapan sampe ke Denuzz ya … hehe …
    *ngarep*

    ~~~ Salam BURUNG HANTU ~~~

  11. hm, award bertebaran di mana-mana …

  12. ..
    semoga awardnya bermanfaat..😉
    ..

  13. temen yang baik adalah temen yang mau nunjukin kesalahan kita
    selamat atas awardnya ya bun
    ayo semangaaaat

  14. Bunda…ternyata awardnya gak bisa diambil…

  15. Bunda…awardnya makasihya, sudah kuambil…bila ada kesempatan pasti akan kupajang..

  16. Horeee… dapat award… makasih ya…
    Segera saya kerjakan tugasnya biar bisa pasang award😀

  17. thanks buat awardnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s