It’s Learning Time

Weekend kemarin, sore hari si Ayah ngebersihin mobil. Saat itu Bunda baru saja mandiin Anak2, pokonya Ayu dan Amira dah cantik dan wangi deh. Pas anak2 maen ke luar rumah, dilihatnya si Ayah lagi nyuci mobil, Amira langsung deh ambil posisi mendekati ember berisi sabun pembersih mobil dan ngikutin Ayahnya memandikan mobil. Ayu pun tidak mau kalah, langsung deh ngobok2 ember. Oalah baju anak2 jadi basah, terus apa Bunda ngelarang?? jawabnya ” TIDAK”. Bunda membiarkan anak2 ikut ayahnya menyuci mobil. IT’s Learning Time dan FUN Time.

Ayah dan Bunda tidak melarang mereka ikut2an cuci mobil, kami pikir, kalau anak2 dilarang2, membuat keinginan meng-eksplor mereka menjadi terbunuh, karena kecendrungan anak2 itu pingin tahu ini, tahu itu, coba ini, coba itu, tanya ini, tanya itu, pokonya mau serba tahu.

Adakalanya orang tua melarang2 karena takut kotor, takut basah, padahal kalo kotor, tinggal dicuci, kalau basah, tinggal ganti baju yang lain. Anak lagi belajar jalan, terus aja dipegangin, takut jatuh sih kata orang tuanya, padahal kalo anak merasakan jatuh sesekali, mereka akan belajar bahwa supaya tidak jatuh, mereka harus berhati2 dan terus berlatih.

Amira dan Ayu pun ketika melihat hujan, kami perbolehkan main air hujan, tapi dipinggir2nya saja, sampe2 tetangga di depan bilang ” Anaknya kok maen hujan2an, kasihan nanti masuk angin, nanti sakit, anak saya kalo sudah kena hujan, langsung deh sakit, batuk, pilek”. Bunda pun menjawab ” Kami memang sengaja tidak melarang, supaya anak kuat, dan tentunya anak berfikir kalo kena hujan itu bakal pusing, sakit, karena orang tuanya yang telah menanamkan ke pikirannya seperti itu, padahal hujan itu rahmat, kenapa coba harus takut sama hujan”. Alhamdulillah, kalo Amira maen air atau kena hujan tidak gampang masuk angin, sakit, bunda pun sebelumnya sudah prefare, kalo lihat anak2 maen air, siapin air hangat, setelah mandi badannya dikasih minyak telon, terus dikasih teh manis hangat, supaya badan jadi hangat.

Ayah dan Bunda melarang, kalo sudah mendekati hal2 yang berbahaya, contohnya waktu Amira megang gunting pas berebut dengan Ayu. Sebetulnya Amira pun dibolehkan maen gunting, karena lagi seneng2nya gunting2 kertas, terus ditempelin, tetapi sebelumnya Ayah dan Bunda mengajarkan bagaimana cara memegang gunting dengan benar.

Ada yang bilang, kalau dilarang2, anak cenderung penasaran, makanya yang kira2nya bisa diarahkan, maka ajarkan dengan benar apa yang boleh digunting dan apa yang tidak boleh digunting, supaya anak tidak sembunyi2 mengambil gunting, pisau untuk bermain2 tanpa pengawasan orang tua.

Amira pun diperkenalkan dengan api, misalnya dengan menyalakan api pas mati lampu atau menyalakan api pas diatas kue ultah. Ayah dan Bunda menerangkan api itu panas, bisa berbahaya kalo apinya jadi gede, jadi harus hati2, pas nyalain api, harus didampingi Ayah atau Bunda.

Alhamdulillah, anak pun tidak terkekang, dan tetap keinginan meng-eksplornya tetap terfasilitasi dan terarahkan.

30 responses to “It’s Learning Time

  1. Masa kanak-kanak adalah masa yang menyenangkan dan butuh waktu dan media untuk mengeksploitasi bakat-bakatnya…. Senang kalau punya anak yg kreatif🙂
    Salam

  2. wah,, kapan2 boleh nih belajar sama Bunda dalam soal pengasuhan anak yg baik.. ^^

  3. wow learning by doing…:p

  4. aku setuju mbak soal larang melarang itu, pengaruhnya memang sangat besar “dari pengalaman pribadi” hehe

  5. sekali kali lagi setuju!

    padahal hujan itu rahmat,
    saya suka yang ini.. saya juga suka main hujan..

    jangan sampe kreatifitas anak terbunuh !

  6. Iya Din…membiarkan anak melakukan sesuatu yang ingin diketahuinya adalah tindakan bijak, sepanjang hal tersebut tidak membahayakan si anak…
    Kadang-kadang over protective itu malah menjerumuskan, tapi namanya juga anak ya…hehe, kadang-kadang saya suka ngerasa over protective juga sih sama Risa😛

  7. Wah……..,suatu pelajaran yang sangat berarti bagi para calon orang tua.
    kayaknya kok asik banget ya,kalo punya anak-anak yang aktif gitu,giliranku kapan ya??????

    **Huda,huda,jangan mikir macem2 deh. SMA za bru keluar kmaren,hehehe

  8. Iya….
    jadi sirik ama amira n ayu bisa hujan2an tanpa masuk angin…

    Hm, dapat ilmu untuk ngedeketin anak kecil lg, he he
    hitung2 belajar jd ibu,…

  9. ya bagus sekali ketika anak-anak sudah dididik hal yang positif sejak dini.
    SALAM dari Kendari… 8)

  10. masa2 balita memang suka nyoba2,
    setuju, nggak usah dilarang2 asal didampingi terus dan dan diawasi aja

  11. salam..🙂

  12. koq kena pak satpam terus ya

  13. .Memang begitulah, masa pembelajaran anak kadang mereka begitu kritis

  14. Waduhhhh…, jadi ingin ikut mainan air nih… hehehe

  15. Setuju banget…. Kreativitas anak memang harus dikembangkan, jangan sampai terhambat.

  16. Betul,, kebanyakan dilarang ngebuat anak jadi mati ide,,
    Lanjutkan!!!

  17. hellgalicious

    bunda yang bijaksana deh
    hihihi

    salut bunda!

  18. Terima kasih untuk ilmunya, semoga bisa menjadi bekal kelak jika saya sudah mempunyai putra putri..

  19. whaaaa…. kl gue jd anaknya bunda pasti seneng banget deh….
    coz dulu seinget gue…. kl mao mandi ujan selalu gak boleh… jd skrg walo dah tu… masih suka tuh main ujan2an ma kiddy dirumah… hihihi

  20. semoga nanti apabila Denuzz ada anak Denuzz mau menjadi orang tua seperti ini … sangat bijak …
    orang tua idaman …

    ~~~ Salam BURUNG HANTU ~~~

  21. kadangkala orang tua melarang untuk berkotor2 ria ya,padahal itu bagus untuk perkembangannya

  22. Salam kenal selamat sore

  23. Tetap didampingi..biarkan mereka bermain didunianya

  24. setujuuuu
    anak anak emang seharusnya gak boleh dikekang
    diawasin aja…

  25. bagus tuh Bunda…
    kami kan perlu mengenal dunia

  26. hahahaha kalau alfis, nyuci mobil2anya (karena ga punya mobil) dan bantu bunda ngepel teras.. meski ujung2nya main air. hihihi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s