Lebaranku Di Sidayu-Gresik

6 Hari berlebaran di Gresik, sudah kenyang dengan Udang Windunya, Kenyang dengan Ikan Bandengnya dan ikan laut lainnya, dan pastinya Kenyang bersilaturahim dengan Eyang kakung, Eyang Putri, dan saudara lainnya. Mau tahu lebaran Amira di Gresik.

Hari pertama sampe Gresik, Amira minta pulang ” Bunda, Mba mau pulang (sambil nangis2) “, Eyang kakungnya nanya ” Emang ada apa dirumah, kok mau pulang?”, ” Dirumah banyak mainan Mba”. Eyangnya pun membujuk ” Lho, disini juga ada maenan, nie ada maenan Ayahmu, Om dan Tante waktu kecil , yang disimpan rapih di bufet”. Hehe, langsung deh si anak tidak menangis lagi, dan langsung ngacak2 maenan. Tahun ini, sudah ke 5 kalinya Amira berlebaran di rumah eyang kakung, tapi semakin gede, Anak sudah bisa berpendapat, baru kali ini Amira meminta pulang, mungkin masih beradapatasi, jadi Amira belum kerasan dengan suasana di rumah Eyang kakung. Hari berikutnya Amira nyeletuk ” Eh mba ga pulang2 lagi ya, sambil senyum2 (maksudnya ga minta pulang2 lagi)”.

Satu hal yang tidak bisa lepas dari Amira, adalah satu pak CD berisi film Dora, Upin Ipin, Barney, dll. Pas packing baju dan maenan Amira, Bunda pasti membawa satu pak CD amira, karena baru saja 1 hari di rumah Eyang , Amira langsung deh meminta di mainkan film Dora ” Eyang2, Mba punya CD dora lho, Eyang mau lihat?, Bunda mana CD Dora Mba?”.

Alhamdulillah, Amira dapet baju baru dari Eyang, dapet 3 lagi ( baju muslim, baju maen, baju tidur), ” Makasih Eyang, Mba emang seneng yok ( maksudnya rok)”. Maklum, cucu pertama🙂.

Saat Lebaran tiba, pagi2 sekali Amira dibangunkan Bunda, ” Mba, bangun sudah siang, kan mau pake baju bagus”, kemudian Amira pun sedikit mengangguk dengan mata masih tertutup. Malam menjelang lebaran Bunda sudah menmberitahukan Amira kalo besok akan sholat Id, sholat berjamaah di lapangan, dengan banyak orang. Sholat Id berlangsung jam 6 an, jadinya Amira dan Ayu harus bangun pagi2. Senengnya karena pagi itu Amira memakai baju bagus pemberian eyang. Saat di lapangan, Amira dan Ayu pinter sekali, Amira mengikuti semua gerakan sholat, dan Ayu pun ikut sholat, walaupun bisanya sujud dan duduk, belum bisa ruku, sementara ada anak2 lain, menangis, atau malah mengobrol, atau diam saja. Setelah sholat Bunda langsung deh mencium Amira dan Ayu.

Ketika banyak tamu yang berkunjung, Amira langsung bilang sama bunda yang ada didalam ” Bunda, banyak tamu tuh, Mba mau salam2″, kemudian Bunda dan Amira pun ke ruang tamu, benar saja Amira langsung mengulurkan tangannya mau bersalaman, dan Ayu adiknya pun ngikut2 Mbanya, ikut bersalaman, lucunya. Suatu waktu, Bundanya baru selesai mandi, mau ganti baju, Amira bilang ” Bunda2, ada tamu”. Bunda pun menjawab ” Iya. bentar belum selesai, Mba salam duluan saja sama Eyang”. beberapa saat kemudian Amira datang lagi ” Yah Bunda, Tamunya sudah pulang tuh “.
Ketika para tamu membawa anak2, Amira langsung deh menunjukan semua maenannya, maksudnya mau ngajak maen juga. Amira langsung bisa berbaur dengan anak2 lain, walaupun anak2 lain ngomongnya bahasa jawa, maen tetep nyambung😀.

Kalo ke Gresik, pasti deh Amira lihat laut, kan di Bandung ga ada lautnya, cuman pas lewat laut, lagi panas2nya, Amira ga jalan2 ke laut, takut kulit jadi gosong hehe. Sepanjang jalan Amira melihat perahu2 dipinggir pantai, senengnya. Eyang kakung pun mengajarkan Amira membuat perahu dari kertas, terus disimpan di air mengalir tuk menjalankan perahu, wihh Amira langsung deh jingkrak2 kesenangan.

Hari2 menjelang pulang, Eyang nanya Amira ” Mba disini saja jangan pulang, Mba sekolah disini saja”, kemudian Amira menjawab ” Mba mau sekolah yang didekat griya saja eyang ( maksudnya TK yang ada di Bandung), nanti pulangnya ke rumah Eyang kakung”, oalahh nak jauh amat pulangnya hehe.

Senengnya lebaran di gresik, gimana kalo teman2 ?

27 responses to “Lebaranku Di Sidayu-Gresik

  1. minal aidzin wal faidzin…
    Mohon maaf lahir & batin…

  2. Waaaah, saya liburan di Surabaya Din…ternyata kita ada di satu propinsi😛
    Amira…Amira…rumahnya di Bandung deket Griya mana siiiih?
    Dulu tante deket griya yang di jalan Pahlawan lo, jangan-jangan kita pernah tetanggaan…😉

    Griya Pasteur bu😀, jauhh dari pahlawan, tetangga jauh hehe…

  3. Bun…udang windu itu kan yang gede-gede itu kan? Hmmm….bikin ngiler. Istri kakak saya juga orang Gresik (Gresik-Madura). Sayang tuh bun gak ke pantai. Anak2 pasti suka deh main pantai🙂

  4. senangnya y mbak yang punya anak kecil..pintar2 dan lucu lagi..salam buat de’ amira dan ayu ^^

  5. jadi ngiler ane bayangin masakan khas Gresik😆 kayana lebarannya seru ya, asyik neh bisa ngumpul2

  6. Masih belum balik?

    dah balik kok pak, kembali ke laptop eh ke Bandung hehe

  7. Tukeran Link ….blog ini sudah nonggol

  8. Minal aidzin wal faizdin maaf lahr batin

  9. salam idul fitri dari sahabat cahaya..

    mbah sihat selalu…

  10. wah asik ya Amira maen ke rumah Eyang Kakung…🙂

  11. Di Bandung cuman ada gunung doang…😦

  12. Saya yakin …
    Kenangan berlebaran di Rumah Eyang di Gersik ini pasti akan tertanam manis di benak Amira … juga Ayu …
    dan jika suatu saat nanti Amira (juga Ayu) jadi Blogger …
    pasti salah satu topik postingannya adalah …
    Kenangan Berlebaran di Rumah Eyang …🙂

    salam saya Ibu …

  13. wiiiiiih..lucunya mbak Amira…hihihii…. sholat Ied nya pinter dan ga rewel yah??jempol dua deh…🙂

    jarang2 tuh anak kecil ga rewel pas sholat Ied.. biasanya pan….haduh haduh…bikin ga konsen..hehehe🙂

    salam gemes buat amira..

  14. Apa jadinya yach kalo Amira sekolah di Bandung trus pulangnya ke Gresik??? Hehehee… Salam dari Luna untuk Amira dan Ayu, kiss muah!

  15. Saya berlebaran di Jakarta saja, senang juga kok…

  16. asyiknya yg pulang kampung…..😀
    jd pengen seperti si mba deeeehhhh…. (pengen di beli’in baju baru) kyknya dah lamaaaaaaaa banget moment tsb berlalu…

    minal aidin walfaidzin ya bunda…🙂

  17. jadi teringat masa kecil dulu ya din kalo lebaran tuh ga sabar banget pas nungguinnya🙂
    selamat idul fitri ya din
    mohon maaf lahir dan batin

  18. Assalaamu’alaikum Dina.Thea

    Kisah mudik yang mengasyikkan terutama Amira yang manja dan dimanjakan. seronoknya jadi anak sulung atau cucu sulung. selalu mendapat yang terbaik dari sesiapa sahaja semasa kecil dan saya sudah merasai semuanya dulu. rasa mahu jadi anak kecil kembali.

    Makanan lebaran di sana juga enak-enak ya. Kalo di fotokan masakan yang disebut itu, alangkah baik lagi, biar diketahui bentuk dan rupanya. mahu sih nyoba juga kalau ke Gresik nanti. Hehehe… kapan ya ?

    Oh ya.. di Kuching, Sarawak ada satu kampung namanya juga Kampung Gresik dan di sana ramai tinggalnya keturunan@ asal usulnya dari Indonesia.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.😀

    waduh, lupa tuh foto2 makanannya, malah foto2 anak hehe. ya silahkan berkujung2 ke gresik🙂

  19. Mba Amira makin dewasa ajah ya😀😀

  20. Senangnya bisa bertema keluarga dan kerabat disana.
    SALAM dari KEndari…😉

  21. duh, pasti Eyang bahagia sekali dikunjungi cucu cantik dan pinter seperti Amira.🙂
    udang windu dan bandengnya bkin ngiler …… ( jadi pingin).
    kalau bunda mudiknya hanya ke bogor, dr tangerang bisa ditempuh 45 menit via tol jagorawi, dan senangnya bisa silaturahim dgn semua kerabat yg datang, krn ibunya bunda termasuk yg dituakan, jadi semuanya kumpul di bogor.
    salam

  22. wow,, lebarannya seru yaa…
    udang windunya sangat menggiurkan kayaknya tuh,,
    Minal Aidhin wal faidhin, Mohon Ma’af Lahir Bathin..🙂

  23. Wah, enak banget lebaran di Gresik dan makan udang Windu segala🙂

    Tak lupa diucapkan Selamat Idul Fitri 1431 H. Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

  24. aku lebaran cuma dirumah aja neh mbak..

    mohon maaf lahir dan bathin ya..

  25. ^_^
    salam ukhuwah dari 4antum …
    met idul fitri …

  26. saya juga punya sepupu di Gresik dan tentu saja saya sering ke Gresik. Beli otak-otak bandeng ya nduk.
    Sayangnya saya di Jombang sehingga tak bisa kopdar ya.
    Salam hangat dari Surabaya

    Ga beli otak2 bandeng pak dhe, ibu mertua bikin sendiri😀, maknyuss, iya niatnya pingin ke surabaya, cuman ternyata pertemuan keluarganya di gresik, nanti tahun depan di surabaya, semoga bisa kopdar🙂

  27. waduh seneng banget pasti Amira dapat baju baru dari eyang … denuzz terakhir dikasih belsan tahun lalu …🙂
    kakak, udang Windunya apaan sih? …

    Salam BURUNG HANTU …🙂
    http://blog.beswandjarum.com/denus/2010/09/12/kuis-surat-cinta-burung-hantu-part-1/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s