Persiapan Budget Lebaran

Alhamdulillah, sudah 20 Ramadhan, semoga amalan dan ibadah puasa kita diterima oleh Allah SWT. Walaupun lebaran masih 10 hari lagi, tapi orang-orang sudah mempersiapkan segala sesuatunya, dari membeli kue lebaran, beli baju lebaran, dll. Berarti untuk membeli semua kebutuhan itu harus dipikirkan terlebih dahulu, jangan sampai keluar dari budget yang telah kita tetapkan, coba kita daftar apa2 saja yang kira2 mengeluarkan dana.

1.Mendekati lebaran, ada kalanya seperti orang kebanyakan, pinginnya membeli baju baru atau malah sepatu baru lengkap dengan aksesorisnya hehe..walaupun ini sifatnya tidak wajib, tapi harus diperhitungkan juga, apalagi keluarga yang punya balita, rasanya pingin membelikan anak baju, walaupun anak tidak meminta karena belum terlalu mengerti, beda lagi kalo anak sudah agak gede, anak sudah punya keinginan, apalagi kalo anak itu melihat atau mendengar temennnya dibelikan baju, anak suka merengek pingin dibelikan juga, hehe.

2. Kueeeeee lebaran….rasanya tidak lengkap pas hari raya kalo tidak ada kue, biasanya kue ini wajib ada di meja tamu, biasanya mamah saya, suka bikin kue nastar, kue kacang, kue keju, yummy deh..

3. Minumaaaan….. ga mungkin cuma air putih aja yang dihidangkan, pasti ada sirup, atau lebih mudahnya sih sekarang beli yang kalengan atau yang kotakan kaya teh kotak, soft drinks, dan lain – lain.

4. Makanan berat untuk hari raya.Tradisi di rumah sih, masak opor ayam, ketupat, dan kentang cabe hijau, maknyuuss deh.

5. Ada kalanya menjelang lebaran, beberapa keluarga sengaja merogoh kocek untuk mengecat rumah, atau bahkan menambah/ ganti furniture karena yang nanti banyak tamu yang datang. Pernak pernik lebaran juga dibeli, misalnya pajangan bunga, tempat kue, tempat makanan, sendok dan garpu plastik untuk tamu, karpet baru kalau yang lama sudah tidak bisa dipake lagi, taplak meja dan lain – lain.

6. Uang lebaran untuk anak kecil. Biasanya kalau yang sudah berpenghasilan pasti ada keinginan untuk memberikan semacam “THR” untuk anak-anaknya, keluarga, anaknya teman dsb.

7. THR untuk orang – orang yang bekerja untuk anda. Misalnya pembantu, supir atau karyawan di perusahaan /toko anda.

8. Sedekah berupa baju dan makanan untuk orang – orang yang tidak mampu. Ingat sesuaikan juga dengan kemampuan loh yah

Ternyata setelah di list, buanyak juga pengeluarannya .TERUS GIMANA DONK? makanya dari sekarang dipersiapkan dimulai dari yang sifatnya wajib dulu seperti zakat kemudian sedekah dan setelah itu baru tentukan budget untuk pengeluaran lainnya.

Bagi yang kebagian jatah THR dapat langsung mengalokasikan untuk kebutuhan – kebutuhan diatas. Ingat loh tujuan puasa selain beribadah adalah untuk menahan hawa nafsu dan merasakan apa yang dialami orang lain. Jangan menganggap karena sudah puasa satu bulan penuh, terus pada saat lebaran habis untuk pengeluaran yang kurang perlu. Banyakin amal dan ibadahnya bukan pengeluaran yang tidak penting hehe. Untuk makanan yang dikonsumsi pribadi, jangan kebanyakan lapar matanya yah. Kalo uangnya habis buat makanan yang ujung-ujungnya tidak dimakan kan sayang banget, mendingan kasih makan orang yang kurang mampu.

Semoga bermanfaat🙂

14 responses to “Persiapan Budget Lebaran

  1. wahhh lengkap ya mbak, kudu di terapin juga nih biarpun blm berkeluarga.

  2. Wah nih dia info yg ku cari2 hehe..

    Thanks ya ..

  3. Semoga kita mampu mengatur keuangan untuk yang bener2 prioritas…dan memaknai lebaran dengan bijak ya mbak..🙂

  4. semoga persiapannya oke danlebarannya sukses
    tahun ini aku tak punya persiapan apa2 hanya persiapan hati saja😀

  5. wah ini memang sebuah fenomena di masyarakat kita. Untuk meramaikan idul fitri. Semoga kita bisa bersikap bijak

  6. Bermanfaat banget, Din!
    Saya sudah memperhitungkan ini dan itu sejak berminggu lalu, tapi aneh, selalu adaaaaaa aja yang kelupaan buat dilakukan😀
    Selamat menyusun budget, saya juga mau evaluasi lagi ah…

  7. Kalo rempuan.. emang gitu…mmpersiapkan sesempurna mungkin hehehe .. klo bpknya,,mah yaaah.. asal anak/istri senang aja …… dah bahagia ko…

  8. bunda dah siap2 nih..hehe

  9. waduh banyak tenan nyak..?? bener.. zakat harus didahuluin.. gak boleh tidah.. yang lain.. *geleng kepala bingung* hehe

  10. pertamax gak nya??hehe

  11. Duhhh bicara budget alokasi pas lebaran emang berat hehehe… Soalnya musti benar2 dicatet agar tidak ada yang terlupakan…🙂

  12. hehe…nice posting, mbak…. kembali ngingetin saya utk nyiapin THR buat housemaid sama driver di rumah yang ngerayain Lebaran juga😀
    Tp bener yang mbak tulis. Orang sering kelupaan, pas hari raya belanjanya jadi jor-joran banget, bahkan ada yang sampe rela minjem duit demi di rumah serba keliatan baru dan makanan berlimpah. Padahal kan itu berarti sudah jauh banget dari makna hari raya itu sendiri.

  13. di catat…………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s