Kenali Masuk Angin

Ada perumpamaan Tak kenal maka tak sayang, kalo ini tak kenal maka Masuk Angin hehe.

Beberapa hari ini, saya sudah bertemu 3 orang yang kena masuk angin, yang pertama bapa, yang kedua kakak, yang ketiga teman kantor, bahkan kakak dan teman kantor sampe muntah2 dan akhirnya batal puasanya.

Siapa yang belum pernah masuk angin? Hampir semua orang pernah mengalaminya. Tapi herannya, ternyata dunia kedokteran tidak mengenal istilah masuk angin. Herannya lagi, hampir setiap menit selalu muncul iklan produk jamu atau obat masuk angin di televisi.

Tanda-tanda seseorang yang akan mengalami masuk angin :
* meriang
* mual
* perut kembung
* muntah
* sakit kepala
* keringat dingin
* badan terasa capek atau pegal-pegal
* wajah pucat

Sedangkan penyebab seseorang masuk angin antara lain :
* kecapaian setelah kerja lembur atau kerja berat
* kurang tidur
* terlambat makan
* kedinginan
* kehujanan
* temperatur udara yang berubah-ubah saat musim pancaroba

Cara mencegah masuk angin :
* Makan dan minum yang teratur
* Konsumsi Vitamin /Obat/Jamu pencegah masuk angin
* Memakai pakaian tebal dan jaket yang tebal jika sedang mengendarai motor
* Berolahraga
* hindari makanan mengandung gas seperti kol/selada/sawi, rebung/ akar bambu

Jika terlanjur sudah masuk angin, maka Cara Mengatasi masuk angin :

* Makan yang berkuah anget
* Enaknya minum yang anget2 seperti teh hangat, wedang jahe, bandrek, bajigur
* Dioles pake balsem, kayu putih
* Kerokan, tapi baca2 referensi katanya ini ga bagus, karena kerokan sebenarnya untuk memecahkan kapiler-kapiler darah, sehingga terasa enak karena pembuluh darah kembali melebar..namun waw..badan kita rusak berat..dan taukah anda, kenapa orang yang kebiasaan dipijet dan dikerok kayaknya kecanduan?
* Punya botol, isi botol dengan air hangat, dibuntel pake kain, terus tempelkan diperut

Semoga Bermanfaat🙂

11 responses to “Kenali Masuk Angin

  1. ane pernah nanya dokter tentang masuk angin tapi gw malah disebut manusia alay hahaha parah bgt

  2. Biasanya kalau muncul gejala seperti ini, istri selalu membuatkan wedang jahe.

  3. apapun namanya, penyakit tetap aja ngak enak

  4. setelah baca tulisan ini,,

    baru sadar..ternyata masuk angin tak ada dalam istilah kedokteran.. iya ya..

  5. ckckck…. lengkap nian,,, pasti bentar lagi bundadana nih dikontrak tolak angin buat jadi bintang iklannya, hehehhe…😛

    penyebab yang paling rentan buat saya yaitu ketularan orang yang masuk angin mbak,, hadoohh…😦

    hehe, bisa aj neh mba, hoo masuk angin bisa tertular, apa karena demamnya ya

  6. Saya setuju dengan cara penanggulangan Masuk angin …
    yaitu minum hangat …
    Bisa Teh Hangat atau Jahe Hangat … itu sangat menolong …

    salam saya Bu

  7. info yang bermanfaat mbak…kayaknya saya sering masuk angin karena cape, namun alhamdulillah hanya sebentar aja..

  8. Kalo masuk angin aku seringnya makan bakso anget-anget dan pedesss. Sembuh deehhh😀

    (lho, ini masuk angin pa laper ya?)

    baso emang makanan yg cocok buat segala kondisi, tapi mba kok lagi masuk angin, makan baso pedesss, malah nanti ganti masuk angin dah sembuh, malah sakit perut😀

  9. Kalau saya masuk angin suka dibarengi diare… knp yaa bisa begitu?
    Biasanya sih, cara nanggulanginya percis kayak poinnya ibun di atas, makan dan minum yg anget2 trus bobok berselimut rapet🙂

    iya kadang saya juga sama seperti itu, biasanya karena asupan makan yang kurang

  10. makasih bun – saya hampir tiap bulan ‘kena masuk angin, bawaannya badan g enak, pegal2 – biasanya diurut n dikerok … hehehe (sampe punya langganan tk.pijat/bapak muda, saya kan cow juga).
    Salam kenal bun

    wah, tiap bulan kena masuk angin , kaya berlangganan aja

  11. Iya nih bund, aneh bgt dunia kedokteran gak kenal sm yg judulnya masuk angin. Katanya ya itu judulnya komplikasi sakit kepala, kembung, dsb. Tp keknya klo nyebut sakit komplikasi kok malah kdgran serem yak?? Keknya malah tetep lbh nyaman disebut masuk angin.

    Btw, tau gak sih bund, seumur2 aku lom pernah ngrasain di kerok. Kata org enak, tp saya kok ngeri ya? Hehe

    sakit komplikasi, iya kedengarnnya serem

Tinggalkan Balasan

