Munggahan menjelang Ramadhan

Segenap Pimpinan P2K mengucapkan :

MARHABAN YA RAMADHAN
Bersihkan hati dan pikiran, jadikan PUASA sebagai benteng IMAN
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1431 H, Mohon Maaf Lahir Batin.

Secarik kertas berisi tulisan itu disematkan di pinggiran Box makanan dalam rangka munggahan. Alhamdulillah menjelang Ramadhan , sudah kerasa deh berkahnya, dapat makan siang gratis🙂 .

Yuk, kita bedah box makanannya, dari Dalaraos Catering, isinya ada nasi kuning, ayam bakar, kering tempe, urap, perkedel kentang, telur rebus, sambel, dan jeruk. Muantap bener deh, malahan kebanyakan isinya, mungkin harus dimakan 2 kali ronde😀 atau bisa sampe sahur ya😀

Setiap karyawan diberi box makanan menjelang ramadhan, isitlahnya munggahan.

Istilah Munggahan
Satu atau dua hari menjelang puasa, dikenal sebagai munggahan. Dalam bahasa Sunda munggah berarti naik. Dalam konteks ini munggah bisa dimaknai sebagai saat-saat untuk naik ke bulan Ramadhan. Kata munggah juga sering dipakai untuk ibadah haji, dengan istilah munggah haji yang berarti naik haji.

Munggahan atau apapun namanya, bukanlah bagian dari ibadah puasa. Bukan bagian dari sunah. Melainkan sebuah tradisi yang sudah turun-temurun hidup di tengah masyarakat. Masing-masing daerah memiliki istilahnya sendiri-sendiri, namun dengan tata cara dan semangat yang mungkin tidak jauh berbeda. Ada yang mudik /pulkam, ada juga yang makan2, atau bagi2 makanan ke tetangga / kerabat.

11 responses to “Munggahan menjelang Ramadhan

  1. mbak dina domisili di mana? saya di GKB gresik lho…saya link ya blog nya?

    • Salam kenal juga bunda, sehari2 domisilinya di Bandung, tapi kalo mudik ke Gresik🙂 , yg asli gresik suami, tepatnya di pahlawan raci, sidayu, GKB apaan yah bunda ?

  2. salam kenal mbak dina…selamat menjalankan ibadah di bulan ramadhan ya…

  3. tks sherenya . selamat berpuasa dibulan ramadhan ini.wslm

  4. Dikampung saya (Jombang) istilahnya “megengan”, biasanya membuat tumpeng dan dibawa ke mushola atau masjid. Diikuti juga acara nyekar di makam2 keluarga.

    Selamat menunaikan ibadah puasa bun, semoga amal badah kita diterima Allah Swt. Amin

    Mohon maaf lahir dan batin.

    salam hangat dari Surabaya

    • Munggahan dan megengan , sama2 ada unsur m dan ng hehe, saya baru tau istilah itu pakde, ternyata macem2 yah. wah, jombang, saya lewat tuh kalo mudik ke gresik, ada saudara kok di jombang sama surabaya, wah bisa mampir2 dulu kali yah😀 , kopdar2

  5. selamat menunaikan ibadah puasa =D
    semoga berkahnya makin banyak

    nb : udah liat design2nya. simple but creative =D
    kapan2 dicoba ah tutorial2nya

  6. Bunda,…

    Ingin mengucapkan “Selamat Menjalankan Ibadah Puasa”

    Tuhan memberkati Bunda sekeluarga.

    Salam dari Sydney
    Vonny dan John Ablett

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s