Persiapan Budget Puasa – Lebaran

Puasa sebentar lagi ….
Detik2 menuju Ramadhan, bulan yang ditunggu2 akan tiba, selain persiapan fisik, ruhiyah, persiapan financial juga harus diperhatikan dari awal juga.

Pengalaman saya ,Bulan Ramadhan tidak semata2 mengurangi pengeluaran keluarga karena dari pagi sampe sore tidak makan dan minum, tapi yang saya alami malah keluar lebih banyak, belum lagi sekarang harga2 pokok mulai merangkak naik, oleh karena itu, coba kita list pengeluaran apa saja selama bulan ramadhan sampai dengan Lebaran supaya bisa terkontrol.

Puasa

1. Selama bulan Ramadhan diusahakan tiap hari masak untuk keperluan buka puasa dan juga sahur, jadinya double, oleh karena itu air dan gas bakalan bertambah drastis, belum lagi listrik  sekarang pun sudah naik .

2. Harga sembako /pangan sudah merangkak naik mendekati bulan Ramadhan. Dari pemberitaan yang paling disorot harga cabe, jadi kayanya jangan banyak2 memakai cabe deh bu🙂.

3. Bosen dengan masakan rumah, ada kalanya kita sekeluarga atau kita bareng teman – teman buka puasa di luar. Pengalaman sebelumnya sih kalo buka bareng tuh pernah ke restoran, atau bubar di kantor . Pokonya dimanapun tempatnya, pastikan jangan mentang2 bisa makan enak diluar, malah budget nya melampui yang telah dianggarkan, perut boleh lapar tapi mata jangan lapar juga he2. Adakalany pas buka puasa, lihat makanan ini, makanan itu, terus dipesan, eh tau2 ga habis karena keburu kekenyangan. Selain mubazir makanan juga mubazir duit😀

4. Pas jaman sekolah atau kuliah dulu , biasanya suka mengadakan kegiatan buka bareng anak panti asuhan atau menyediakan makanan berbuka untuk orang2 di mesjid, atau atas keinginan pribadi mau berbagi untuk orang yang berbuka puasa  maka anda harus menyiapkan juga berapa budget untuk itu. Berapa orang yang kira – kira akan berbuka puasa bersama dan berapa uang yang harus disiapkan untuk kebutuhan catering makanan/nasi kotak berikut juga kue – kue pembuka + kurmanya. Ini masuk dalam kategori sedekah, jadi lakukanlah dengan ikhlas dan hati yang tulus serta sesuai dengan kemampuan anda, insya allah kalian mendapat berkahnya

5. Pengeluaran menjelang lebaran yang sifatnya wajib adalah zakat fitrah dan juga zakat maal. Bagi umat muslim yang berpenghasilan jangan sampai melupakan kewajiban yang ini ya.

6. MUDIIIIKKK…bagi yang mau pulang kampung, ini wajib dipersiapkan. Biaya transport pulang – pergi, biaya oleh-oleh dan lain – lain.

Hari Raya Idul Fitri

1.Mendekati lebaran, ada kalanya seperti orang kebanyakan, pinginnya membeli  baju baru atau malah sepatu baru lengkap dengan aksesorisnya hehe..walaupun ini sifatnya tidak wajib, tapi harus diperhitungkan juga, apalagi keluarga yang punya balita, rasanya pingin membelikan anak baju, walaupun anak tidak meminta karena belum terlalu mengerti,  beda lagi kalo anak sudah agak gede, anak  sudah punya keinginan, apalagi kalo anak itu melihat atau mendengar temennnya dibelikan baju, anak suka merengek pingin dibelikan juga, hehe.

2. Kueeeeee lebaran….rasanya tidak lengkap pas hari raya kalo tidak ada kue, biasanya kue ini wajib ada di meja tamu, biasanya mamah saya, suka bikin kue nastar, kue kacang, kue keju, yummy deh..

3. Minumaaaan….. ga mungkin cuma air putih aja yang dihidangkan, pasti ada sirup, atau lebih mudahnya sih sekarang beli yang kalengan atau yang kotakan kaya teh kotak, soft drinks, dan lain – lain.

4. Makanan berat untuk hari raya.Tradisi di rumah sih, masak opor ayam, ketupat, dan kentang cabe hijau, maknyuuss deh.

5. Ada kalanya menjelang lebaran, beberapa keluarga sengaja merogoh kocek untuk mengecat rumah, atau bahkan menambah/ ganti furniture karena yang nanti banyak tamu yang datang. Pernak pernik lebaran juga dibeli, misalnya pajangan bunga, tempat kue, tempat  makanan, sendok dan garpu plastik untuk tamu, karpet baru kalau yang lama sudah tidak bisa dipake lagi, taplak meja dan lain – lain.

6. Uang lebaran untuk anak kecil. Biasanya kalau yang sudah berpenghasilan pasti ada keinginan untuk memberikan semacam “THR” untuk anak-anaknya, keluarga, anaknya teman dsb.

7. THR untuk orang – orang yang bekerja untuk anda. Misalnya pembantu, supir atau karyawan di perusahaan /toko anda.

8. Sedekah berupa baju dan makanan untuk orang – orang yang tidak mampu. Ingat sesuaikan juga dengan kemampuan loh yah

Ternyata setelah di list, buanyak juga pengeluarannya .TERUS GIMANA DONK? makanya dari sekarang dipersiapkan dimulai dari yang sifatnya wajib dulu seperti zakat kemudian sedekah dan setelah itu baru tentukan budget untuk pengeluaran lainnya.

Bagi yang kebagian jatah THR dapat langsung mengalokasikan untuk kebutuhan – kebutuhan diatas. Ingat loh tujuan puasa selain beribadah adalah untuk menahan hawa nafsu dan merasakan apa yang dialami orang lain. Jangan menganggap karena sudah puasa satu bulan penuh, terus pada saat lebaran habis untuk pengeluaran yang kurang perlu. Banyakin amal dan ibadahnya bukan pengeluaran yang tidak penting hehe. Untuk makanan yang dikonsumsi pribadi, jangan kebanyakan lapar matanya yah. Kalo uangnya habis buat makanan yang ujung-ujungnya tidak dimakan kan sayang banget, mendingan kasih makan orang yang kurang mampu.

Semoga bermanfaat🙂

4 responses to “Persiapan Budget Puasa – Lebaran

  1. Perincian diatas jatuh hukumnya tradisi kan ?🙂
    hal2 yg seperti itu saya kurangin, demi utk mengumpulkan uang muka sekalian🙂
    Tips2 lengkap. Benar2 bermanfaat.

    Iya tradisi dan keinginan semata, bukan kebutuhan😀 . Alhamdulillah bermanfaat🙂

  2. heran ya, klo bulan puasa kok pengeluran suka nambah padahal makannya berkurang. ya itu tadi, suka kepengen beli ini itu. kayak sekarang aja, belom juga puasa, di mana-mana banyak tawaran dagangan, ada yg jual kue2, baju2…duuuh…duuuh….

  3. hayaah.. terus… pasti dah ada persiapan nya donk,,,,(maksudnya dananya :D)
    lam kenal ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s