Marhaban Ya Ramadhan

Dari pemberitaan, disebutkan bahwa 1 Ramadhan jatuh tanggal 11 Agustus 2010, berarti tinggal 7 hari detik2 menuju Ramadhan, Marhaban Ya Ramadhan. Kalo mendekati ramadhan hati ini rasanya senang sekali, ada hawa2 yang bikin kita merinding, betapa agungnya bulan Ramadhan.

Ada beberapa hikmah dari bulan Ramadhan yang penuh berkah dan maghfirah ini, yaitu sesuai dengan nama dari bulan Ramadhan itu sendiri. Bulan Ramadhan memiliki banyak nama disamping Ramadhan itu sendiri, diantaranya ialah :

1. Syahrut-Tarbiyah (Bulan Pendidikan)
Kenapa bulan Ramadhan disebut dengan syahrut Tarbiyah/bulan pendidikan, karena pada bulan ini kita dididik langsung oleh Allah SWT. seperti makan pada waktunya sehingga kesehatan kita terjaga. Atau kita diajarkan oleh supaya bisa mengatur waktu dalam kehidupan kita. Kapan waktu makan, kapan waktu bekerja, kapan waktu istirahat dan kapan waktu ibadah.

2. Syahrul Jihad
Pada masa Rasulullah justru peperangan banyak terjadi pada bulan Ramadhan dan itu semua dimenangkan kaum muslimin. Yang paling penting kita rasakan sekarang adalah kita berjihad melawan hawa nafsu sendiri, sehingga kita tetap bersungguh-sungguh menjalan aktifitas kita.

3. Syahrul Qur’an
Al-Qur’an petama sekali diturunkan di bulan Ramadhan dan pada bulan ini sebaiknya kita banyak membaca dan mengkaji kandungan Al-Qur’an sehingga kita faham dan mengerti perintah Allah yang terkandung di dalamnya.

4. syahrul Ukhuwah
Pada bulan ini kita merasakan sekali ukhuwah diantara kaum muslimin terjalin sangat erat dengan selalu berinteraksi di Masjid/Mushollah untuk melakkukan sholat berjama’ah. Dan diantara tetangga juga saling mengantarkan perbukaan sehingga antara kaum muslimin terasa sekali kebersamaan dan kesatuan kita.

5. Syahrul Ibadah
Bulan Ramadhan disebut juga dengan Bulan ibadah karena pada bulan ini kita banyak sekali melakukan ibadah-ibadah sunnah disamping ibadah wajib seperti sholat sunnat dhuha, rawatib dan tarawih ataupun qiyamullai serta tadarusan al-qur’an.

3 responses to “Marhaban Ya Ramadhan

  1. mksh artikelnya…..

    gak sabar menanti bualn ramadhan yg sebentar lagi.. ^_^
    tp puasa x nich enknya kalo smbl ngenet pake SPEEDY n’ searching2 tetang bulan ramadhan n’ konten2 seru tentang ramadhan+ juga melaksankn perbuatan/amalan2 yg baik di bualn ramadhan…..

    semoga ibdah puasa kita nanti diterima oleh Allah SWT.. ^_^
    amin……….

  2. semoga kita dipertemukan dengan Ramadhan tahun ini dan tahun-tahun selanjutnya dan dapat menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas dan khusu’. Amin
    Terima kasih artikelnya yang bermanfaat.

    Salam hangat dari Surabaya

    dina_thea :
    Aamin pakdhe . Alhamdulillah bermanfaat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s