Kinerja Asisten Rumah Tangga

Saya ibu bekerja yang dianugerahi 2 orang putri, yang satu sudah berusia 3,5 thn dan yang satunya 1.5 thn. Selama saya bekerja, saya mempercayakan anak2 kepada asisten di rumah. Dengan memperkerjakan asisten, sedikitnya ada rasa tenang, ketika akan meninggalkan anak2, selebihnya cemas, apakah anak2 diurus dengan baik, apakah anak2 diberi makan dengan baik, apakah anak2 disakitin, ada berbagai macam kecemasan. Saya tentunya tidak sepenuhnya percaya sama asisten, tapi kepercayaan bisa terbentuk seiring dengan perjalanan waktu dan tentunya hasil memuaskan yang diberikan asisten kepada kita.

Saya ada beberapa tips untuk mengetahui kinerja asisten :

1.      Ngandelin suami, supaya ngecek ke rumah siang2 untuk mengetahui kerjaan asisten, kebetulan suami kerjanya ga full di kantor.

2.      Ketika saya di rumah, saya pura2 masuk  kamar, dan diam2 mendengarkan apa yang dikerjakan asisten ketika nanganin anak2 ( simulasi kalo saya ga ada di rumah )

3.      Anak pertama dah pinter neh ngomongnya, kalo malem2 sepulang kerja, saya suka menanyakan ke anak ” Nak, bi inah, suka marahin ga ?”, ” Nak, bi inah, suka tidur ga?” , ” Nak, bi inah baik ga?” ” Nak, tadi maen apa saja?”

4.      Dari  hasil kerjaanya , apakah rumah beres, rapi, bersih, anaknya ceria, sehat, bersih

5.     Pake Teknologi, misalnya pake CCTV

Tinggalkan Balasan

