Siap2 Kencangkan Ikat Pinggangmu

Pengusaha kecil Menjerit, Percetakan Terancam Bangkrut, Karyawan di Phk, Ibu Rumah Tangga apalagi, selain menjerit, pos pengeluaran harus dikurangi….

Eit, emang mereka kenapa, ampe menjerit2, ternyata telusur demi telusur , gara2nya Si TDL.

Di berita disebutkan Tarif Dasar Listrik Naik Mulai 1 Juli

Pemerintah dan DPR telah menyepakati rincian kenaikan tarif dasar listrik (TDL) yang akan mulai berlaku 1 Juli mendatang. Tarif untuk pelanggan dengan daya 450 volt ampere dan 900 volt ampere tidak naik, sementara pelanggan rumah tangga 1.300 volt ampere hingga 5.500 volt ampere naik sebesar 18 persen.

Sumber :disini

TDL Naek, Ayam pun kena imbasnya, padahal belum 1 juli, tapi kemarin2 pas saya nanya ke tukang sayur, harga ayam naek sekitaran 27 rb ( * kayanya harus puasa ayam dulu neh).

TDL RT 1300 volt naik sebesar 18 persen ( untungnya rumah saya 900 volt , ya kita liat bulan depan, naek juga atau ga ?? ). Kalo naik, siap2 ngencangin ikat pinggang😀, harus banyak2 puasa, sekalian latihan buat persiapan ramadhan hehe. Kayanya TDL akan imbas ke harga2 lainnya, hffff bener2 harus ngelola keuangan dengan baik.


Jangan Beli ayam dulu, beralihlah ke yang lain

Wakil Gubernur Jawa Barat, Dede Yusuf mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membeli daging ayam terlebih dulu sebelum harganya kembali normal. Kenaikan harga daging ayam hingga mencapai 25% disebabkan ulah spekulan terkait rencana kenaikan tarif dasar listrik (TDL). Menurutnya, kenaikan harga daging ayam saat ini disebabkan adanya aksi penimbunan oleh sejumlah spekulan.

sumber :disini

Penggemar Mie Ayam pun terkena imbasnya

Para pecinta mie ayam harus siap-siap merogoh kocek tambahan. Pasalnya, kenaikan tarif dasar listrik (TDL) dan elpiji non subsidi mau tidak mau akan membuat para pedagang mie ayam menaikkan harga jualnya.

sumber : disini

Dari gambaran diatas, ada beberapa hal yang harus dilakukan :

1. Pecinta ayam, dicoba beralih ke makanan lain atau rela merogoh kocek lebih gede dari biasanya

2.    Pecinta Mie Ayam, dicoba beralih ke mie2 yang lain, mie sapi, atau mie2 hewan yang lain ( yaelah, emang ada?? Hihi )

3.    Mulai Mengurangi Pengeluaran, dan belilah yang dibutuhkan, bukan beli karena keinginan semata ( * kalo nurutin nafsu mah, ga akan ada puasnya, betull ga sichh )

4.    Mendukung ” Gerakan Matikan Lampu 1 jam saja ” dari jam 20.30 sampai dengan 21.30 . Kebetulan nemu istilah ini pas googling, gerakan ini berkaitan dengan kampanye Earth Hour 28 Maret 2009, tapi tidak salahnya mencoba !

Ada hal menarik tentang gerakan ini dengan TDL (* saya coba kaitkan, mudah2an nyambung😀 )

Dengan mematikan lampu di DKI Jakarta dan sekitarnya selama 1 jam, akan menghemat 10% dari konsumsi listrik rata-rata per jamnya. Angka itu akan setara dengan 300 MW dan cukup untuk mengistirahatkan 1 pembangkit listrik yang mampu mengaliri listrik ke 900 desa; juga dapat mengurangi beban biaya listrik Jakarta sekitar Rp 200 juta; serta mengurangi emisi CO2 sekitar 284 ton, menyelamatkan lebih dari 284 pohon, dan menghasilkan oksigen untuk lebih dari 568 orang.

sumber : disini

5.    Kembali ke jaman dahulu, kalau mau masak, pake kayu, kalau mau terang pake lampu minyak atau lilin 😀

* hfff, cuape juga nulis ginian, padahal cuman copy paste hehe. Yah sekedar sharing, semoga bermanfaat🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s